Banyak pelanggan IndiHome yang kecewa setelah berlangganan, rata-rata penyebabnya karena tagihan yang besar tapi layananan yang diberikan biasa-biasa saja. Tips dan Trik Berlangganan IndiHome Telkom

Saya mau sharing tentang bagaimana tips dan trik yang saya lakukan agar tagihan Indihome kita tidak besar tapi kita puas dengan layanan yang diberikan.

      1.       Utamakan langganan paket Internet dari pada paket TV

Saya langganan Indihome dengan biaya bulanan-nya adalah 380 ribu, karena bagi saya paket TV bukanlah tujuan utama saya langganan Indihome.

Tujuan saya langganan Indihome adalah mendapatkan koneksi internet yang kencang dan stabil, jadi pilihannya adalah Indihome.

Kenapa IndiHome? Karena tidak ada lagi provider internet kabel lainnya di tempat saya, IndiHome satu-satunya yang ada dan cepat proses pemasangannya.

Kecepatan 10 Mbps adalah kecepatan yang sudah lebih dari cukup, jika ada paket dengan kecepatan 5 atau 2 Mbps maka saya akan pilih paket itu, sayang tidak ada penawaran paket tersebut.

Pihak Telkom hanya menawarkan paket 10 Mbps sebagai paket internet yang paling rendah dengan harga bervariasi mulai dari 380, tergantung tambahan channel TV yang kita mau.

Jika dibanding dengan kecepatan paket internet tanpa kabel dari provider GSM 3G/4G maka internet kabel 10 Mbps seperti IndiHome adalah koneksi internet yang jauh lebih cepat dan stabil, tidak ada media jaringan yang bisa mengalahkan kestabilan koneksi kebel Fiber Optic.

Menurut pendapat saya dengan harga paket indihome yang paling murah, channel TV yang diberikan sudah lebih dari cukup, Kenapa?

          Karena kita jarang nonton TV.

          Karena acara TV itu membosankan lebih banyak diulang-ulang.

          Indihome punya rekaman video atau film yang bisa kita tonton secara gratis.

          Saluran youtube sudah lebih dari cukup menyediakan hiburan dan pengetahuan yang jauh lebih banyak dari TV

      2.       Jangan mudah tergoda oleh omongan tetangga.

Tetangga saya mengatakan bahwa dia masih mendapatkan paket promo beberapa saluran TV secara gratis dari Indihome.

Saya hampir tergoda oleh omongan tetangga sehingga hampir saja ikut berlangganan paket yang lengkap saluran TVnya.

Meskipun seharusnya sudah habis masa promonya tapi dia masih tetap mendapatkan gratisan beberapa saluran TV yang seharusnya sudah tidak promo lagi.

Yaa, itu nasib bagusnya dia, tidak perlu merasa kalah… karena setelah habis masa promo tagihannya jauh lebih  besar dari tagihan kita.

Saat itu saya sempat tergoda untuk mengambil paket yang sama tapi dengan bayaran lebih karena sudah tidak promo lagi, tetapi kemudian saya batalkan.

Saya bersyukur karena tidak tergoda dengan omongan tetangga karena saya jarang nonton TV, anak dan istri juga begitu, mereka lebih asik dengan smartphone mereka.

Acara TV favorit mereka adalah film yang ada di TV lokal atau video gratis yang disediakan Indihome.

Jika saya sampai mengikuti omongan tetangga dan menyamakan paket langganan seperti milik dia maka tiap bulan saya bisa mengeluarkan uang sekitar Rp 500 ribu.

Sampai saat ini kami sekeluarga cukup puas dengan layanan Indi Home dan semoga tetap seperti in, tidak ada masalah.

       3.       Jangan gunakan telpon rumah untuk menelpon

Jika anda menggunakan telpon yang disediakan dalam paket langganan Indihome maka segala tagihan pemakaian telpon tersebut pasti akan ditagihkan bersama atau disatukan dengan tagihan indihome.

Jadi kalau anda mau hemat maka jangan gunakan telpon rumah untuk menelpon ke nomor Handphone karena tagihannya akan disatukan dengan tagihan Indihome.

       4.       Siap-siap menghadapi berakhirnya masa promo

Jika anda mendapatkan paket promo saat berlangganan IndiHome maka siap-siap saja masa promo sebentar lagi akan habis, habisnya masa promo akan membuat anda harus membayar lebih besar dari biasanya.

Untuk mengatasi hal itu sebaiknya anda turunkan saja paket langganan anda menjadi yang lebih murah terutama terkait siaran TVnya.

      5.       Menghadapi perubahan channel TV yang serba tidak pasti

Salah satu kelemahan Indihome adalah paket channel TV pelanggan bisa berubah-ubah kapan saja, beberapa saluran TV yang sebelumnya gratis kini jadi berbayar, paket saluran olahraga hanya sampai satu tahun saja, kira-kira seperti itu.

Tapi untuk masalah itu saya tidak peduli, buat saya hal itu tidak penting, yang penting adalah koneksi internetnya tidak terganggu dan kecepatannya stabil, 10 Mbps download dan 1,2 Mbps upload.

Dalam hitungan saya, paket internet kabel seperti Indihome jauh lebih hemat, cepat dan stabil dari pada paket internet yang ditawarkan provider seluler GSM 3G dan 4G.

      6.       Nonton TV sudah tidak jaman lagi

Lambat laun saluran TV konvensional akan dikalahkan dengan informasi di ineternet, untuk hiburan kita bisa menonton melalui youtube atau video channel dari menu video pada IndiHome.

Anak-anak pun terbiasa dengan teknologi informasi meskipun ada sisi negative yang menghantui atau menyusupi ( butuh pengawasan ketat dari orang tua) tapi dengan internet wawasan mereka lebih luas dibanding hanya menonton TV.