Bagi kaum pria, membeli dompet itu ibarat membeli perhiasan harus benar-benar dipertimbangkan dari berbagai macam aspek, makanya banyak pria yang sering pusing sendiri kalau mau beli dompet, mereka kebanyakan pasrah dan menyerahkan pilihan kepada pasangan, pacar atau istri mereka untuk memilih mana dompet yang tepat bagi mereka.

Dompet adalah kebutuhan bagi kebanyakan pria. Sebagai tempat untuk menyimpan uang tunai, kartu kredit, kartu ATM dan KTP. Dompet dianggap mewakili selera mode, gaya dan kepribadian seseorang.

Sebenarnya kaum pria tidak perlu meminta saran kepada para wanita untuk urusan itu, coba cek tips yang saya bahas nanti pada tulisan ini.

  #1. Pilih Yang Sederhana; Kesederhanaan Adalah yang Terbaik

Dompet yang sederhana dan rapi merupakan pilihan terbaik bagi kaum pria. Banyak dompet yang dibuat dengan beragam warna, disain, dan gaya, tetapi dompet dengan warna yang sederhana atau plain sangat cocok untuk kondisi formal maupun casual.

#2. Cek Ukuran Dompet Yang Tepat

Ukuran dompet sangat penting karena jika terlalu besar maka dompet akan terlihat kurang menarik.

Dompet yang berukuran agak besar akan lebih sulit untuk masuk ke saku belakang celana dan membuat tonjolan aneh di celana.

Tapi juga jangan sampai anda membeli dompet yang lebih kecil karena bisa mengurangi daya tampung dompet.

Asal tahu saja, pria itu punya banyak kartu, jangan sampai kartu-kartu sakti anda tidak masuk dalam dompet.

Tapi pengalaman saya berkata lain, ketika mengganti dompet dengan yang lebih tipis dan kecil, maka banyak kartu nama teman-teman dekat yang terpaksa saya buang (sebelumnya difoto dulu dan disimpan di hape), tidak ada lagi foto-foto kenangan (rasanya tidak jaman lagi menyimpan foto di dompet, hahahaha) banyak kartu yang terpaksa saya tinggalkan dan tersisa hanya kartu ATM, Kartu Kredit, SIM dan KTP.

Sangat menyenangkan rasanya memiliki dompet yang lebih ramping, ringan dan tidak berantakan.

#3. Jenis dan Model Dompet Pilihan

Dompet yang dijual terdiri atas banyak jenis dan model, dasar pilihan kita saat membeli dompet rata-rata tergantung pada bagaimana kita mengisi dompet kita.

Berikut ini adalah beberapa model dompet yang paling sering dipakai:

Bifold

Dompet bifold itu adalah dompet yang dilipat satu kali dan membagi menjadi seperti dua bagian. Bifold adalah model dompet klasik dan merupakan jenis dompet paling umum digunakan dan tersedia dipasaran.

Bifold memungkinkan kita untuk mengakses uang tunai dan kartu dengan hanya mengangkat atau membuka sebuah lipatan buku. Bifolds memiliki desain yang ramping dan tidak terasa saat kita duduk. 

Trifold

Jenis dompet ini adalah jenis dompet yang dilipat dua kali menjadi terbagi atas tiga bagian.

Apa yang membedakan trifold dari jenis dompet lainnya adalah banyaknya kompartemen atau laci-laci yang ada. Jika Anda butuh dompet yang dapat menampung banyak kartu kredit atau kartu ATM maka dompet jenis trifold adalah pilihan yang sangat tepat.

Tapi jangan terlalu banyak juga menjejali dompet ini dengan kartu-kartu karena kalau terlalu penuh bisa membuat kita tidak nyaman saat duduk.

Money Clip

Dompet dengan model clip atau penjepit uang design-nya minimalis dan terbatas daya tampungnya. Dompet jenis ini sangat tepat untuk yang tidak mau repot dengan barang-barang bawaan selain uang.

Klip uang adalah potongan-potongan kecil dari plastik atau logam lentur yang dirancang untuk menyatukan segumpal uang tunai. Jika tidak ada kebutuhan lain, menggunakan klip uang adalah cara yang bagus untuk mengatur uang Anda.

Kelemahan dompet ini, uang kita tidak terlindung dengan baik seperti pada dompet jenis bifold dan trifold.

Model Minimalis

Dompet minimalis modern merupakan dompet yang menggabungkan antara dompet klip uang dan penyimpan kartu kredit. Dompet ini dirancang untuk mengurangi sejumlah hal-hal yang  biasa dijumpai di dompet sepeti lipatan yang terdapat pada dompet jenis bifold dan trifold.

Bahan Pembuat Dompet

Dompet biasanya terbuat dari berbagai jenis bahan, mulai dari kulit, kanvas, katun, sampai bahan poliester. Dompet dari bahan kain memiliki kelebihan dan kekurangannya, tapi dari semua bahan material kulit adalah yang terbaik.

Dompet kulit biasanya terdiri dari dua jenis kulit:

Kulit Asli

Dompet yang terbuat dari kulit asli lebih tebal dan tahan lama, hal ini disebabkan karena bahannya tidak mengalami proses yang banyak.

Kulit Tiruan

Kulit dompet buatan merupakan kulit yang terbuat dari bahan komposit di mana pada bagian luarnya dibuat menyerupai kulit asli, sedang bagian dalamnya merupakan bahan kulit tiruan yang tipis.

#4. Cek Kembali Apa Yang Bakal Disimpan Di Dompet

Fungsi sebuah dompet ditentukan oleh kompartemen atau laci-lacinya. Jadi, sebelum membeli, tentukan dulu berapa banyak kira-kira barang yang bakal dimasukkan dalam dompet.

Jika Anda membawa banyak barang – ingat, semakin sederhana semakin baik – maka cari dompet yang memiliki semua slot laci yang diperlukan.

Cek juga fitur-fitur tambahan lain yang kiranya pas dengan kebutuhan kita seperti kantong transparan untuk menaruh KTP atau SIM.

#5. Cocokkan Jenis Dompet Dengan Pakaian Yang Sering Dipakai

Pilihlah jenis dompet kulit dengan warna dan ukurannya yang paling cocok dengan celana yang sering kita pakai.

#6. Dompet Berteknologi RFID

Teknologi RFID melindungi kita dari pencurian data kartu kredit dan identitas. Saat ini, banyak produsen dompet yang menambahkan teknologi RFID pada dompet mereka, biasanya dompet jenis ini harganya pasti jauh lebih mahal

#7. Harga Dompet

Meskipun harga yang  mahal tidak menjamin dompet pilihan adalah terbaik bagi anda, tapi dompet yang murah sudah pasti memberikan gambaran kualitasnya yang rendah.

Sebaiknya anda membeli dompet mahal yang sudah terjamin kualitasnya dan mampu bertahan dalam waktu yang lama.

Buat apa anda membeli dompet yang cuma bertahan 8 bulan dan harus beli lagi, lebih baik pilih dompet mahal tapi dapat bertahan sampai 5 tahun.

#8. Merk Dompet

Tidak peduli apapun merknya, menurut saya dompet yang bagus itu yang memenuhi standar bahan yang bagus, seperti berbahan kulit asli, model dan warna yang sederhana dan kompartemennya pas, tidak kebanyakan tidak juga kekurangan.

Jangan berpatokan pada satu merk saja, cek bahan dan kebutuhan anda atas dompet yang akan dibeli.

Semoga berguna

Sumber gambar: pixabay.com