Ketika wabah corona mulai melanda, istri saya mengatakan jika sampai semua kegiatan, sekolah dan bekerja dilakukan di rumah maka harus ada cara untuk mengakali kebutuhan akan makanan jadi, seperti roti dan kue yang biasanya kita dapatkan dengan membeli.

Karena jika situasi semakin parah maka harga-harga makanan yang dijual akan semakin mahal dan tidak terjamin higienis-nya.

Kebetulan istri saya suka membuat kue dan roti, ia pun dengan senang hati karena akan lebih sering-sering untuk membuat kue dan roti.

Namun ada kendala yang dihadapi, yaitu mixer tangan yang dipakai untuk membuat kue atau roti, terasa kurang tepat karena melelahkan saat memegang terus menerus.

Mixer tangan membutuhkan tenaga ekstra untuk mengoperasikannya, selain itu mixer jenis tersebut putaran nya tidak terlalu kencang dan rasanya tidak bisa untuk mengulen adonan.

Nasib, mesti ganti mixer niih.

Oke, lebih tepatnya upgrade, bukan ganti. Kalau ganti berarti type dan jenisnya masih sama…. Hhahahah

Pilihannya adalah mixer jenis Stand Mixer..

Kalau di search di toko online banyak merk dan type yang muncul. Tidak perlu bingung, ini tips dari saya.

Tentukan berapa besar uang atau dana yang mau kita keluarkan untuk beli mixer
Saya dan istrik saya putuskan dananya tidak lebih dari 1,5 juta. Oke lanjut.

Jangan pilih merk lihat fungsinya
Kalau kita searching dengan kata kunci merk tertentu maka yang kelihatan adalah harga di atas budjet. Jangan searching dengan kata kunci merk atau brand, pakai kata kunci stand mixer.

Cek produk mixer yang harganya masuk dalam budjet anda

Cek dan perhatikan rating pembelinya
Rating pembeli amatlah penting, kata orang bintang yang bicara. Saya waktu itu melihat sebuah merk dengan harga 1,1 juta tapi ratingnya sangat tinggi, bintang 5 diberikan oleh 199 pengulas dan terjual 500 barang…. Wow luar biasa.

Cek Spesifikasi nya, terutama daya listriknya
Untuk stand mixer, spesifikasi yang perlu dicermati adalah kapasitas kemampuannya dan daya listrik yang digunakan. Pastikan daya listrik di rumah anda cukup untuk mengoperasikan mixer tersebut.

Cek garansinya
Begitu dilihat keterangan garansinya produk pilihan kami digaransi 3 tahun.
Produk apakah yang kami beli?

Ini dia: TURBO Grande Mixer

Dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Mangkuk stainless steel Berkapasitas besar 5L
  • 7 tingkat kecepatan (Speed 1 – 7)
  • Daya listrik 600 Watt
  • Garansi resmi Turbo Indonesia selama 3 tahun, berlaku untuk servis dan motor mixer

Saya bandingkan dengan produk sejenis dari brand terkenal, merk lain harganya 1,5 juta kapasitasnya cuma 3,5L, daya listriknya tidak jauh berbeda.

Menurut saya, stand mixer ini sangat cocok untuk dipakai di rumah yang berdaya 1300 VA, jika anda menginginkan stand mixer yang berkapasitas lebih besar maka daya listriknya pun sangat besar.

Setelah dipesan dengan pengiriman Ojol maka kami pun mencobanya, sudah lebih dari 5 kali kami membuat roti dan cake dengan hasil yang sangat memuaskan, sangat terasa lebih mudah dan cepat proses pembuatan roti dan cake dengan bantuan stand mixer dibanding hand mixer atau mixer tangan.

Kesimpulan nya adalah jika anda ingin lebih sering membuat kue dan roti sendiri di rumah maka segera beralih dari mixer tangan ke stand mixer.

Semoga berguna.