Kotak makan anak-anak untuk dibawa ke sekolah pada dasarnya tidak beda dengan kotak makan untuk orang dewasa, sama-sama berfungsi untuk menyimpan makanan dan menjaga makanan tetap utuh saat dibawa-bawa ke sana kemari.tips-memilih-kotak-makan-yang-baik-untuk-anak

Namun seiring dengan makin canggihnya jaman, kotak atau tempat makan kini tersedia dalam berbagai jenis model, disain yang unik, lebih higenis dan kelebihan lainnya seperti dapat menjaga makanan tetap hangat atau tetap dingin.

Sebagai orang tua saya sangat menuntut para pembuat kotak makan kalau bisa membuat dan menjual kotak makan yang dapat meningkatkan selera makan anak-anak. Hahaha…

Bagi orang tua, mungkin disain kotak makan tidak penting tapi bagi anak-anak, kotak makan yang lucu dan terdiri atas warna-warni menarik adalah penambah selera makan.

Bagi saya, orang tua yang punya anak yang tiap hari bawa makanan ke sekolah, sebuah kotak makan itu harus memenuhi kriteria-kriteria seperti berikut:

a. Bahan kotak makan

Bahan kotak makanan yang baik itu kalau bisa terbuat dari logam stainless steel, bahan plastik sebaiknya digunakan untuk menyimpan makanan ringan atau snack dan waktu penyimpanannya pun tidak lama.

b. Kedap dan tahan banting

Kotak atau tempat makan yang bagus itu harus bisa menjaga makanan tetap utuh dan tidak kurang satu butir pun….. Hahaha kelewatan… Kalau anda pernah naik KRL pagi yang padat maka anda akan sadar betapa pentingnya kotak makan yang tidak mudah terbuka tutupnya dan tahan terhadap bantingan atau tekanan saat dibawa naik KRL.

Kotak makan yang kedap dapat menjaga makanan tetap segar dan tetap bersih karena tidak mudah dimasuki debu atau kotoran-kotoran kecil yang berterbangan dalam tas.

c. Memiliki banyak kopartemen atau bagian-bagian terpisah untuk menaruh berbagai jenis makanan secara terpisah.

Dengan menyimpan dan menempatkan makanan seperti lauk pauk, nasi dan buah secara terpisah maka akan membuat penyajian makanan tetap menarik selera makan. Banyangkan jika semua jenis makanan tercampur jadi satu, pasti selera makan akan berkurang atau hilang.

d. Memiliki tas pembungkus

Tas pembungkus kotak makan itu bukan sekedar aksesoris, kotak makan yang baik itu biasanya dilengkapi dengan tas pembungkus yang mudah dibawa, yang dapat membuat posisi kotak makan tetap pada posisi yang sama meski dibawa sambil berlari-larian.

Tas pembungkus juga sebaiknya dilengkapi dengan kantong-kantong penyimpan sehingga dapat dipakai untuk menyimpan kertas tisu atau barang-barang keperluan lainnya.
Sebagai bonus kalau bisa tas penyimpan kotak makan didisain dengan model yang lucu, motif dan warna yang menarik perhatian anak-anak.

e. Ukuran kotak makan

Kotak makan yang besar atau kecil sebaiknya disesuaikan dengan volume makanan yang mau dibawa, jika volume atau jumlah makanan yang akan dibawa cukup banyak maka sebaiknya menyediakan kotak makan yang cukup besar sehingga makanan yang disimpan tidak menghalangi saat menutup tutupan dari kotak makan tersebut.

f. Mudah digunakan oleh anak-anak

Kotak makan yang baik itu adalah kotak makan yang mudah dibuka dan ditutup oleh anak-anak tapi tetap kedap dan tahan banting.

g. Mudah dibersihkan atau dicuci

Kotak makan yang bagus adalah kotak makan yang bagian sudut-sudut kotak tidak begitu lancip sehingga sulit untuk dijangkau oleh busa pembersih saat dicuci.

Sebaiknya kotak makan itu terbuat dari logam agar tidak cepat rusak dan saat dicucipun tidak mudah tergores dan menyisakan serpihan material.

Kotak makan yang terbuat dari logam memungkinkan untuk bisa dibersihkan dengan menggunakan air panas mendidih tanpa harus merusak kotak tersebut.

Semoga berguna