Tips Memilih Paket Internet Yang TepatBegitu banyak jenis paket yang ditawarkan oleh para penyedia jasa sambungan internet, semakin banyak paket yang ditawarkan, semakin kita bingung menentukan paket mana yang akan kita ambil atau beli.

Kebingungan kita memang cukup beralasan, dari sekian banyak tawaran rasanya tidak ada satupun yang persis sesuai dengan yang kita inginkan. Menghadapi situasi ini ada beberapa tips dan masukan yang nantinya bisa anda pakai jika menghadapi dilema pilihan paket internet.

1.      Tentukan kebutuhan, bedakan dengan keinginan
Sering mengalami paket internet smartphone habis di tengah jalan?  Maksudnya belum sampai habis waktu sewa atau waktu isi ulang paket, kuota atau jatah internet sudah habis duluan.

Kebutuhan akan internet berarti paket internet yang kita habiskan benar-benar dipakai untuk kebutuhan yang mendukung perkerjaan atau pun aktivitas rutin kita sehari-hari.

Kebutuhan internet memang bervariasi tergantung dari profesi dan kegiatan sehari-hari orang itu, seorang IT professional dalam menghabiskan jumlah kuota internetnya pastilah berbeda dengan seorang guru atau mahasiswa. Bagi anak-anak menonton youtube dan game online adalah kebutuhan utama mereka.

Kebutuhan akan kuota internet adalah pemakaian data atau koneksi internet yang benar-benar digunakan untuk mendukung kegiatan utama yang sifatnya primer, seperti mengecek email, social media dan browsing website berita, membuka aplikasi online yang rutin dipakai sehari-hari.

Apa itu keinginan? Dalam urusan pemakaian kuota internet keinginan adalah hal atau kegiatan di luar dari kebutuhan. Yang bisa dikategorikan sebagai keinginan adalah seperti menonton video online, mendownload data yang tidak terlalu penting.

Pemakaian kuota internet yang dikategorikan sebagai keinginan merupakan salah satu faktor penyebab borosnya pemakaian internet.  Jadi jika anda kebingungan saat menentukan paket internet maka pertama-tama tentukan apa yang menjadi kebutuhan anda, dan kalau bisa jangan dilebih-lebihkan, fokus pada kegiatan yang paling sering anda lakukan setiap hari.

2.    Pilih Kuota atau Unlimited
Beda paket kuota  dan unlimit adalah paket kuota dibatasi jumlah pemakaiannya selama rentang waktu tertentu sedangkan paket unlimit adalah paket yang tidak dibatasi pemakaiannya.

Memilih kuota atau unlimited dipengaruhi oleh dua faktor, faktor dana dan faktor kebutuhan. Jika menurut anda biaya bukan hal yang nomor satu dan berapapun besar harga paketnya tidak menjadi masalah maka silahkan pilih paket unlimit.

Putusan kuota atau unlimit bisa ditentukan dengan memastikan berapa tinggi tingkat kebutuhan kita akan pemakaian data internet. Kita bisa mengira-ngira berapa rata-rata jumlah pemakaian internet yang bisa kita habiskan sehari-hari. Dengan begitu maka kita bisa dengan mudah dan tanpa ragu untuk menentukan jenis paket  mana yang cocok untuk kita,  tanpa batas / unlimit atau dibatasi / kuota.

3.    Unlimit dan pemborosan
Jika anda memutuskan untuk menggunakan paket unlimit maka ada saat atau waktu di mana paket internet tidak terpakai, misalnya saat liburan panjang atau momen lainnya yang membuat kita untuk tidak begitu sering terkoneksi ke internet, namun anda akan tetap membayar dengan biaya yang sama.

Sesibuk atau setinggi  apapun tingkat pemakaian internet dalam waktu tertentu pastilah ada batas pemakaiannya, untuk menghindari pemborosan, cek berapa banyak jumlah pemakaian data selama rentang waktu tersebut.

Jika tidak terlalu banyak pemakaiannya maka anda bisa pertimbangkan untuk beralih ke paket internet yang menggunakan sistem kuota.

4.    Memaksimalkan pemakaian paket Unlimit
Paket unlimit yang bagus adalah paket internet unlimit yang menggunakan koneksi kabel. Paket ini sangat cocok untuk yang suka download dan menonton video secara online.

Paket unlimit dengan koneksi kabel pastinya bersifat statis, dan hanya perangkat yang memiliki koneksi kabel saja yang bisa terhubung, di samping itu modem atau router yang menjadi pusat koneksi tidak bisa dibawa ke mana-mana secara mobile.

Untuk memaksimalkan pemakaian paket internet via koneksi kabel bisa dilakukan dengan membagi koneksi internet tersebut secara wireless menggunakan wifi agar perangkat yang tidak memiliki sambungan kabel melalui Ethernet bisa terkoneksi ke internet menggunakan sambungan tersebut.

5.    Sesuaikan aktivitas dengan paket kuota yang ditawarkan
Saat ini paket internet kuota terdiri atas bermacam kriteria, namun secara umum pembagian kuota internet ditentukan berdasarkan oleh waktu pemakaian.

Rata-rata kuota internet yang besar diberikan oleh ISP pada waktu di mana penggunanya tidak banyak melakukan aktivitas  ke internet, biasanya dari jam 12 malam sampai jam 6 pagi, namun ada ISP  yang berbaik hati memberikan kuota internet yang besar dari jam 12 malam sampai jam 12 siang.

Ada yang memberikan kuota tanpa dijadwal, biasanya kuotanya tidak terlalu besar.

Penawaran kuota yang berjadwal memang membingunkan dan tidak sedikit pengguna yang terjebak dengan apa yang sudah diatur oleh penyedia, untuk itu sekali lagi, tentukan apa saja kebutuhan anda.

Jika anda hanya menggunakan 2 atau tiga social media dan beberapa aplikasi chating serta durasi browsing selama 2 jam sehari maka rasanya kuota 500 MB sampai 1 GByte sudah cukup. Apalagi anda hanya mengguakan perangkat smartphone.

6.    Perangkat apa yang anda gunakan
Pemilihan paket internet juga harus mempertimbangkan perangkat apa yang kita gunakan, jika anda menggunakan komputer PC atau laptop maka sebaiknya gunakan kuota yang besar atau unlimit.

Alasannya karena saat browsing data yang terdownload lebih besar dibanding jika kita melakukan browsing menggunakan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Hal ini disebabkan karena saat mengakses sebuah alamat dengan menggunakan perangkat mobile,  isi dari sebuah website versi mobile lebih kecil dari dibandingkan dengan versi full dari sebuah website yang biasa diakses dengan menggunkan browser yang jalan di PC atau notebook.

7.    Jangan tergoda dengan koneksi yang cepat
Jika anda disarankan untuk menggunakan paket langganan berkuota yang berkecepatan tinggi maka jangan mudah tergoda dengan koneksi yang cepat tersebut karena biasanya tanpa sadar kita akan terlena untuk memenuhi keinganan kita, di mana sebenarnya hal itu bukanlah merupakan kebutuhan kita.

8.    Apakah anda sering berbagi perangkat mobile dengan anak anda atau anda sedang mencari paket untuk gadget yang dipakai oleh anak anda?

Jadi, jika smartphone anda kadang-kadang sharing atau dipakai anak bermain game maka sebaiknya anda memilih untuk menggunakan paket internet dengan kuota yang besar atau unlimit.

Anak-anak tidak paham soal bagaimana caranya untuk menghemat kuota, jika Handphone anda menggunakan kuota terbatas dan kecil, jauhkan dari jangkauan mereka jika tidak ingin kuota anda cepat habis.

Sekian tips dari saya dalam memilih paket internet yang tepat dan pas, semoga berguna.