Sudah saatnya mengatakan kepada para penyedia jasa internet khususnya yang melayani para pemakai smartphone, tablet, dan modem 3G serta perangkat mobile lainnya bahwa  kualitas pelayanan adalah hal yang utama. Adalah hak kita sebagai pelanggan berbayar ( bukan gratisan ) untuk menentukan dan menyeleksi ISP mana yang internetnya cepat, tidak mahal-mahal tapi tidak murah-murah juga, aman dari pornografi, yang tidak penuh dengan trik-trik yang menjebak dan tidak bermasalah dalam mengakses website-website tertentu.

Untuk menyeleksi dan memilih internet dari provider mana yang tepat untuk kita maka sebaiknya anda memahami hal-hal apa saja yang menjadi perhatian atau konsen anda dalam berinternet.

1.    Kuota vs Unlimited
Sudah rahasia umum kalau internet mobile dengan kuota lebih cepat dari yang unlimited. Janji-janji yang diberikan oleh ISP biasanya tidak terbukti terutama yang terkait dengan koneksi internet unlimit. Internet unlimit sangat lambat dibanding dengan internet berkuota. Bagi para pengguna yang gemar download internet unlimit memang pas namun dari sisi kecepatan pada kenyataannya cukup mengecewakan.

Jika koneksi internet lambat dan sering bermasalah maka berapa besar data yang bisa kita download? Paling-paling, jika dibanding dengan internet berkuota bedanya tidak terlalu besar dengan paket data yang ditawarkan oleh ISP internet berkuota. Bagi yang suka browsing-brosing dan dipakai untuk smartphone dan tablet serta untuk nonton video di internet pilihlah internet yang berkuota karena pasti terjamin kecepatannya.

2.    Kualitas Sinyal
Meski sudah lama berkecimpung di dunia Provider seluler, sampai saat ini ada beberapa provider yang belum maksimal pelayanannya, terutama terkait dengan tangkapan sinyal yang diterima oleh pelanggan mereka.
Suatu lokasi di Bekasi sinyal 3G yang diterima kualitasnya tidak pernah mencapai maksimal, hanya berkisar antara kualitas rendah sampai menengah. Satu faktor lagi yang penting dalam memilih berlangganan internet dengan koneksi mobile adalah kualitas sinyal yang diterima oleh modem maupun perangkat mobile. Tangkapan sinyal yang maksimal dan stabil adalah jaminan bagi tersedianya koneksi internet yang cepat dan stabil.

3.    Masa Aktif
Masa aktif paket langganan biasanya hanya berlaku satu bulan dan setelah itu kuota yang tersisa akan hangus. Saat ini beberapa provider memberlakukan kuota sisa tidak langsung hangus tapi diakumulasikan ke masa langganan berikutnya, namun ada juga yang menghanguskan kuota sisa tersebut.

Hal lain yang mesti diperhatikan terkait dengan masa aktif adalah pemakaian pulsa untuk internet tanpa pemberitahuan dikarenakan habisnya masa berlaku. Memang sudah kewajiban bagi setiap provider untuk memberitahukan kepada pelanggannya bahwa masa aktif telah selesai dan jika mengakses internet akan dikenakan tarif pulsa atau Rp/Kb, akan tetapi kenyataannya adalah sering tidak ada pemberitahuan.

Carilah informasi tentang sistem notifikasi terkait masa aktif ke teman-teman anda yang biasa menggunakan atau berlangganan internet dari ISP yang anda minati. Sebagai masukan, carilah provider yang memiliki masa aktif panjang atau lama, misalnya 3 bulan, 6 bulan atau satu tahun. Berlangganan internet dengan masa aktif lama dengan kuota yang besar sangat cocok untuk para pemakai gadget seperti smartphone dan tablet.

4.    Paket diskon
Ada beberapa ISP untuk koneksi mobile memberikan diskon atau mengratiskan pelanggannya ketika mengakses beberapa website yang popular,seperti facebook, kompas.com, twiter dan sebagainya. Dengan paket diskon ini anda yang berlangganan secara kuota tidak perlu kuatir terpotong kuotanya ketika mengakses website-website popular.

5.    Pemakaian Internet
Dua aktiviatas utama yang biasa dilakukan oleh pengguna internet ketika terkoneksi adalah browsing atau menjelajahi website dan download data, seperti film dan lainnya.  Dari dua aktivitas ini mana yang paling sering anda lakukan? Jika hanya sekedar browsing saja maka sebaiknya anda berlangganan internet yang berkuota karena koneksinya cepat dan stabil.
Jika anda suka memdownload maka berlanggananlah paket unlimit atau paket kuota yang super jumbo alias besar. Bagi para pengguna internet berkuota besar dan masa aktif yang singkat maka sebaiknya anda siapkan daftar URL yang ingin anda download untuk sekedar berjaga-jaga ketika masa aktif hampir habis tapi kuota masih banyak, sayangkan kalo terbuang percuma.

Demikian tips dari saya tentang cara memilih paket internet dengan koneksi mobile melalui modem atau perangkat gadget, memilih internet berkuota adalah pilihan yang bijak bagi anda yang jarang-jarang melakukan download, memilih internet berkuota untuk penggila download adalah pilihan yang cukup cerdas tapi dengan resiko duit cepat habis terkuras.

Semoga berguna
Sumber gambar:http://www.flickr.com/photos/pagedooley/6437533159/