memilih paket internet yang bagusBerlangganan internet tidak saja membutuhkan dana yang cukup tapi juga kejelian dalam memilih provider internet yang tepat serta paket langganan apa yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Ada dua jenis model layanan internet yang ada saat ini yaitu

  1. Paket internet mobile dengan koneksi jaringan seluler atau wireless, di mana para penyedia atau provider-provider-nya merupakan para operator telepon seluler.
  2. Paket layanan internet kabel dengan providernya adalah para penyedia jasa sambungan internet menggunakan sambungan kabel fiber optic dan TV berbayar.

Menentukan pilihan antara mobile internet dan internet kabel cukup membingungkan, pasalnya banyak faktor yang menentukan provider seperti apa yang cocok untuk anda. Berikut adalah pertimbangan yang mesti anda pikirkan jika hendak berlangganan internet.

  1. Tingkat kebutuhan akan internet

Seberapa besar kuota data yang sebenarnya kita butuhkan selama jangka waktu tertentu. Rata-rata pengguna internet selalu menetapkan batas pemakaian mereka dengan hitungan jumlah data yang tidak terhingga.

Menentukan batas pemakaian bulanan anda bisa juga ditentukan dengan melihat aktivitas ber-internet kita dalam batas waktu tertentu tersebut, misalnya dalam waktu satu bulan.

Salah satu indicator yang bisa kita jadikan acuan seberapa besar pemakaian data bulanan kita adalah dengan mengecek jenis website yang sering kita kunjungi itu, tiga jenis website yang begitu signifikan berbeda jika dilihat dari konten atau isi yang ada dalam website itu adalah:

a. Website itu berisikan banyak gambar mulai dari resolusi rendah sampai yang resolusi tinggi

b. Website yang berisikan video online

c. Website yang hanya berisikan teks dengan sedikit gambar

Jelas tipe konten website yang sering kita kunjungi mempengaruhi kebutuhan kita akan berapa besar akses data yang mesti kita siapkan. Konten video membutuhkan paket langganan dengan alokasi data yang besar sedangkan akses ke website dengan konten teks tidak banyak butuh kuota data.

Tentukan website jenis apa yang sering anda kunjungi, semakin kompleks isi website itu maka semakin besar data yang mesti anda download untuk mengakses keseluruhan isi website itu.

  1. Paket yang ditawarkan

Secara umum ada dua jenis paket intenet yang ditawarkan oleh provider internet:

a.  Paket terbatas atau limited atau kuota, paket jenis ini sebenarnya cocok-cocok saja bagi para pengguna internet asalkan bisa memperkirakan dan mengontrol pemakaian kuota data yang mereka gunakan. Jika tidak maka anda mesti menggunakan paket jenis lainnya.

b.  Paket tidak terbatas atau tanpa kuota alias unlimited. Paket unlimited sangat cocok bagi para pengguna internet yang selalu haus dan ketagihan mendownload data dari internet.

3.  Harga dan persyaratan yang mesti dipenuhi

Harga berlangganan internet sangat beragam tergantung dari jenis paket kuota yang ditawarkan. Kuota internet dengan dengan paket unlimited harganya mahal, sedangkan harga langganan internet dengan kuota harganya bervariasi tergantung pada besar kuota yang ditawarkan.

Selain itu jika anda ingin berlanggan internet melalui koneksi kabel biasanya ada biaya instalasi awal dan masa waktu minimal untuk berlangganan. Pastikan untuk mengerti dua hal itu karena jika anda melanggar ketentuan tentang minimal lama masa langganan maka ada denda yang mesti dibayar.

  1. Kecepatan Intenet

Kecepatan internet selalu menjadi perhatian para pelanggan, namun tidak selalu apa yang dijanjikan sesuai dengan kenyataan dilapangan. Hal ini sering terjadi pada koneksi internet dengan menggunakan jaringan wireless seperti 3G dan 4G, jika koneksi bagus maka internet pun kencang, jika koneksi jelek internet pun melambat.

Satu-satunya harapan adalah menggunakan koneksi internet melalui kabel. Koneksi internet kabel biasanya stabil dan tidak tergantung pada sinyal apapun. Satu-satunya yang mempengaruhi kualitas layanan internet kabel adalah performa atau kinerja dari ISP itu sendiri.

  1. Technical Support

Untuk koneksi internet dengan jaringan tanpa kabel biasanya supportnya tidak terlalu begitu memuaskan, sangat relative, hal ini karena karakter dari penggunaan sambungan tanpa kabel yang selalu bergerak dan karena penyebaran sinyal yang tidak merata dan itu berdampak pada berubah-ubahnya kualitas sinyal tanpa kabel yang diterima oleh sisi klien.

Provider pastinya punya keterbatasan dalam menyediakan sinyal bagi pelanggannya. Untuk itu pilih mobile internet yang punya jaringan sinyal yang luas, terutama pada tempat di mana anda lebih sering berada.

Untuk koneksi kabel, urusan teknikal support lebih bisa diandalkan, artinya jika terjadi kerusakan problemnya bisa langsung terdeteksi karena posisi klien serta jenis sambungan yang tidak bergerak atau tetap di suatu tempat.