Soal-soal tentang dasar networking biasanya selalu ditanyakan atau keluar pada ujian CCNA. Ada beberapa tips yang bisa anda pakai untuk menjawab soal tersebut secara cepat tanpa banyak keraguan.
Berikut ada tips yang bisa anda pakai dalam menjawab soal-soal ujian tersebut.

1.    Ingatlah selalu bahwa setiap layer pada OSI layer memiliki kata kunci yang selalu terkait dengan layer atau lapisan tersebut. 

a.    Koneksi media secara fisik, baik itu kabel maupun tanpa kabel adalah bagian dari layer 1 atau physical layer. Layer 1 mengatur bagaimana agar sinyal listrik dari satu komputer bisa diterima oleh komputer lain, termasuk juga topologi atau susunan koneksi komputer secara fisik. Jika ditanya layer berapa yang mengatur topologi atau susunan secara fisik, urutan dan bagaimana kabel-kabel tersambung maka jawabannya adalah layer 1 Physical layer.

b.    Layer 2 Data Link tugasnya terkait dengan bit, byte dan frame serta mac address atau alamat fisik. Dalam soal biasanya diberikan ilustrasi terkait problem pada frame dan kemudian ditanyakan layer mana yang biasanya mengurusi frame dan  mac address maka jawabannya adalah layer 2 Data link layer.

c.    Layer 3 atau network layer memiliki satu kata kunci yang harus selalu diingat yaitu packet. Selain kata packet ada juga kata kunci lainya adalah IP address, semua yang terkait dengan IP address dan routing adalah bagian dari network layer. Dalam ujian biasanya disinggung hal-hal yang terkait dengan permasalahan pada packet, pengalamatan dengan IP address serta routing kemudian ditanyakan layer mana yang bertanggung jawab terkait hal tersebut maka jawaban pastinya adalah network layer.

d.    Layer 4 atau transport layer adalah layer yang memiliki dua kata kunci yaitu TCP dan UDP. TCP dan UDP adalah protocol yang mengatur bagaimana data dikirim. Semua hal yang terkait dengan protocol TCP dan UDP seperti acknowledge, windowing, nomor port, reliability adalah urusannya layer 4 Transport layer.

e.    Layer 5 atau session layer biasanya memiliki kata kunci session atau sesi, layer ini bertugas untuk mengatur tiap-tiap sesi dari proses transmisi data. Kata kunci lainnya adalah  simplex, half duplex dan full duplex.

f.    Layer 6 atau presentation layer miliki kata kunci format data, tugas layer ini adalah menformat data agar dikenali oleh layer di atasnya yaitu layer aplikasi.

g.    Layer 7 atau aplikasi terdiri atas aplikasi-aplikasi seperti Telnet, http, snmp, smtp, https, ftp. Tftp. Tugas application layer adalah menentukan jenis aplikasi yang memproses data dan juga mengecek ketersedian sumber daya .

2.    Hubungan antara perangkat jaringan dan Layer OSI layer.
a.    HUB dan Wifi adalah perangkat layer 1 atau Physical layer
b.    Switch dan LAN card atau NIC adalah perangkat layer 2 atau data link layer
c.    Router adalah perangkat layer 3 atau network layer

3.    Koneksi kabel dan jenis kabel
Biasanya tidak disebutkan jenis kabelnya straight atau cross, Cuma diberikan petunjuk tentang susunan kabel pada pin konektor pada  kedua ujung kabel tersebut.
a.    Kabel straight biasanya susunan ujung yang satu akan sama dengan ujung yang satunya.
b.    Kabel cross biasanya susunan ujung yang satu akan berbeda dengan ujung yang satunya
c.    Kebel cross dipakai untuk koneksi antara  PC dengan PC, PC dengan Router, Switch dengan Switch atau dengan hub.
d.    Kabel straight dipakai untuk koneksi antara  Router dengan switch atau hub, pc dengan switch atau hub.

4.    Collision dan broadcast domain, untuk penjelasannya sudah pernah saya posting, silahkan cek di link ini.

Semoga memberikan sedikit pencerahan bagi anda sekalian mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian CCNA.

Sumber gambar: http://www.flickr.com/photos/zh3us/13593951254/