Menggunakan pendingin ruangan AC memang harus pintar-pintar dalam menggunakannya karena jika tidak maka anda akan mengalami kerugian akibat tidak efisiennya pemakaian.

Tips Penting Saat Menggunakan Pendingin Ruangan ACBerikut adalah hal-hal penting yang mesti diperhatikan saat menggunakan AC terutama di rumah.

  1. Pastikan pada ruangan yang dipasang AC sudah tertutup rapat dan tidak ada bagian yang terbuka dan memungkinkan udara dari luar bisa bebas keluar masuk.

Hal ini tidak berarti ruangan tersebut sama sekali tidak boleh ada celah udara tapi kalau bisa usahakan tidak ada bagian dari ruangan yang terbuka lebar sehingga udara dari luar yang bersuhu lebih tinggi masuk dan kemudian menaikan suhu ruangan tersebut.

Jika udara dari luar bebas masuk ke ruangan yang berpendingin AC maka kerja AC semakin berat dan butuh daya listrik yang besar untuk menurunkan suhu sesuai dengan yang diinginkan.

  1. Pintu ruangan harus selalu tertutup rapat dan jangan sering keluar masuk ruangan

Biasanya kalau di rumah anak-anak sering masuk dan keluar dari kamar sambil bermain, saat pintu terbuka biasanya udara dari luar akan masuk dan menaikan suhu ruangan.

Kompresor AC biasanya akan kembali bekerja untuk memompa udara untuk mendinginkan ruangan. Intensitas kerja dari kompresor yang tinggi akan membuat pemakaian daya listrik semakin tinggi.

  1. Membersihkan AC secara rutin

Biasanya bagian penyaring udara dari AC cepat kotor, terutama jika udara dari luar yang disedot banyak mengandung debu. Biasanya AC setiap dua atau tiga bulan sudah harus dibersihkan.

AC yang tidak pernah atau jarang dibersihkan akan menyebabkan suhu udara hasil produksinya tidak sedingin yang diinginkan. Laju udaranya pun tidak lancar sehingga udara yang dihembuskan ke ruangan tidak banyak.

Kita terpaksa mengatur suhu ac menjadi lebih rendah agar ruangan menjadi dingin.

Dengan rutin membersihkan atau menservice AC maka penyumbatan aliran air hasil kondensasi udara menjadi lancar.

  1. Cek posisi dan kondisi saluran pembuangan

Posisi saluran pembuangan air hasil kondensasi yang tidak pas menyebabkan air akan berbalik arah dan keluar dari unit AC yang ada di ruangan.

Cek posisi selang jangan sampai ada bagian yang posisinya lebih tinggi dari posisi indoor unit AC. Cek juga jangan sampai ada penyumbatan dalam saluran pembuangan air tersebut.

  1. Jangan asal pakai AC, cek daya AC dan sesuaikan dengan kondisi ruangan.

Untuk menghemat pemakaian daya listrik maka pilihlah AC dengan daya yang disesuaikan dengan ukuran ruangan. Jika ruangannya 20 meter persegi cukup gunakan AC dengan daya ¾ PK saja.Kurang lebih seperti itu.

Gunakan AC yang memiliki fitur-fitur tambahan yang bisa menyesuaikan pemakaian daya berdasarkan kondisi ruangan.