Tiga kali mendaftarkan diri untuk ujian CCNA selalu ditolak oleh lembaga sertifikasi alasannya jadwal ujian yang saya ajukan sudah terisi penuh, namun setelah mencocokan dengan jadwal kerja, akhirnya ketemu juga jadwal yang kosong. Memangnya banyak ya peserta ujian sertifikasi? Ketika masuk ke dalam ruang ujian terlihat ukuran ruangan yang kecil, cuma tersedia 2 sampai 3 peserta saja. Ohhhhh pantas kalau selama ini jadwal favorit selalu penuh, ya kelasnya sangat terbatas. Pengalaman saya waktu ujian sertifikasi pesertanya hanya satu orang, saya sendirian. Kaget juga sih awalnya tapi karena benar-benar sudah siap maka saya cukup percaya diri untuk menghadapi ujian.

Menurut informasi yang pernah saya dapat ada beberapa tips yang mesti diterapkan oleh setiap peserta ujian, memang mejalankan tips tersebut bukan jaminan mutlak bahwa anda pasti akan lulus namun dengan memperhatikan dan mempertimbangkannya bisa mempermudah dan menaikan mental kita dalam mengikuti ujian sehingga bisa lulus dan mendapatkan sertifikat yang kita inginkan.
Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut:
1.    Datang atau tibalah lebih awal di tempat ujian, minimal setengah sebelum ujian. Tujuannya adalah agar anda bisa bersantai sejenak dan jika sempat cek kembali bahan-bahan pelajaran yang dirasa kurang begitu mantap persiapannya, tapi jika sudah siap 100 persen maka tidak perlu baca-baca lagi. Jangan lupa konfirmasikan kedatangan anda kepada petugas yang ada dilokasi. Mantapkan diri anda, biasanya saat memasuki ruang ujian semua barang bawaan tidak diperbolehkan masuk, termasuk handphone, tas, alat tulis dan dompet.

2.    Baca pertanyaan dengan hati-hati sampai selesai, jangan cepat-cepat atau terburu-buru untuk mengambil kesimpulan. Pastikan anda menangkap apa yang ditanyakan dari soal tersebut. Biasanya pada bagian akhir soal, inti pertanyaannya berbeda dengan yang ada pada awal soal.

3.    Jangan terlalu sering melewatkan soal-soal pertanyaan tanpa memberikan jawaban. Pertanyaan tanpa jawaban akan memperkecil peluang anda untuk lulus. Pertanyaan yang sudah terlewatkan tidak akan bisa dijawab lagi dan jika anda tidak menjawabnya sama sekali maka akan dianggap salah.
Jika terdapat pertanyaan dengan pilihan jawaban lebih dari satu maka pastikan anda sudah menjawab semuanya, biasanya ada peringatan bahwa masih ada pilihan jawaban yang benar yang belum anda tandai. Perhatikan secara seksama peringatan-peringatan yang ada sebelum anda beralih ke soal berikutnya.

4.    Ketika menjawab pertanyaan yang berisi pilihan jawaban lebih dari satu dan ada keraguan terhadap jawaban mana saja yang benar maka lakukan proses eleminasi atau menyingkirkan pilihan jawaban yang salah satu persatu sampai akhirnya tersisa jawaban yang dirasa atau dianggap tepat.

5.    Untuk ujian yang berisi soal simulasi biasanya tidak ada instruksi khusus untuk melakukan save terhadap apa yang sudah kita kerjakan biasanya perintah save disesuaikan dengan kondisi ril yang ada pada prakteknya. Contoh pada Ujian CCNA, setelah melakukan konfigur pada router atau switch Cisco lakukan perintah copy run stat. Tanpa perintah tersebut maka jawaban kita akan dianggap salah.

Memang kunci keberhasilan atau kelulusan anda tidak mutlak ditentukan oleh 5 faktor di atas tapi lebih kepada persiapan yang matang namun hal-hal yang jelaskan di atas sering membuat orang gagal dalam sebuah ujian sertifikasi.

Semoga berguna
Sumber Gambar: https://www.flickr.com/photos/pchow98/5436687762/