Bidang yang digeluti untuk menjadi seorang entrepreneur tidak hanya bidang jual beli barang atau jasa saja tapi juga bidang-bidang tertentu yang bisa ditekuni sesuai dengan bakat dan kesukaan kita.

Salah satu bidang yang sudah terbukti menjanjikan untuk dijadikan wirausaha atau entrepreneur adalah menjadi seorang punulis. Jika anda masih ragu bidang yang satu ini bakal dapat dijadikan wirausaha maka sebaiknya anda mesti mengetahui terlebih dahulu bagaimana tips untuk menjadi sukses di bidang ini.

JK Rowling adalah seorang yang bisa kita andalkan dan juga panutan untuk mencapai sukses di bidang tulis menulis cerita. JK Rowling telah terbukti sangat sukses, baik dari sisi materi maupun popularitas.

Berikut ini adalah nasehat beliau tentang bagaimana dan seperti apa kiat dan tips yang mesti diketahui dan diterapkan oleh para wirausaha atau entrepreneur baik itu di bidang tulis menulis cerita atau apapun bidang entrepreneur yang mau anda geluti.

Cek beberapa tips sukses JK Rowling yang bisa dijadikan panutan.

  1. Jangan takut untuk gagal

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa karya Harry Potter nya tidak langsung diterima oleh penerbit atau perusahaan manapun. Namun JK Rowling percaya, jika semua hasil kerja kerasnya akan terbayar nantinya.

Maka dari itu, yang paling penting ketika kita sedang berusaha dalam berbagai hal adalah jangan takut untuk mengalami kegagalan.

  1. Fokus pada tujuan

Ketika melakukan sesuatu, fokuskan pikiran Anda pada tujuan yang ingin diraih. Apapun yang dikerjakan, baik kecil maupun besar, usahakan untuk selalu fokus ketika memulainya.

Dengan memfokuskan diri akan membuat Anda menghindari pikiran-pikiran buruk yang malah menghambat karir kedepannya.

  1. Memiliki keyakinan yang kuat

Yang paling penting agar Anda bisa mencapai sebuah kesuksesan adalah memiliki keyakinan yang kuat. Meskipun banyak sekali rintangan yang dihadapi, Anda harus tetap yakin jika suatu saat kerja keras Anda akan membuahkan hasil.

Meskipun ada situasi sulit yang harus dihadapi setiap harinya, namun selalu ingatkan diri bahwa keyakinan harus terus menerus ditingkatkan dengan inspirasi dan motivasi.

  1. Hadapi kegagalan dengan rasa percaya diri

Tentunya tidak ada orang yang menginginkan kegagalan. Namun jika sampai mengalami kegagalan tersebut, maka sudah sewajarnya jika Anda menghadapinya dengan tegar dan percaya diri.

Tidak hanya Anda saja yang mengalami kegagalan, banyak orang di luar sana yang juga bisa bernasib sama seperti Anda.

Kegagalan merupakan hal yang wajar untuk membuat kita selangkah lebih maju daripada yang tidak berani mencoba.

Bahkan dengan kegagalan, Anda bisa belajar lebih banyak lagi. Seberat apapun kegagalan yang terjadi, hadapi dengan penuh keberanian.

Namun ingat jangan menyalahkan diri sendiri atas kegagalan yang didapatkan. Cobalah untuk tidak terlalu larut dalam kegagalan tersebut dan mulai bergerak untuk mencari solusi untuk mengatasinya.

  1. Berani dengan kritikan

Calon orang sukses adalah yang mau menerima dengan terbuka semua kritikan yang ada. Menurut JK Rowling, jika dirinya tidak mau menghadapi segala kritikan yang masuk untuk karya nya, mungkin Harry Potter tidak akan sesukses seperti saat ini.

Terima semua kritikan yang ada dengan lapang dada, bahkan jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya.

  1. Mulai dari hal yang disukai

Kesuksesan bisa dimulai dari hal-hal yang disenangi. Dengan melakukan apa yang disenangi, maka akan membuat Anda dapat bekerja lebih keras lagi untuk mencapai tujuan yang ada. Bila mengerjakan hal-hal yang tidak disenangi, maka terkadang hasilnya tak sesuai dengan yang Anda bayangkan.

  1. Terus berpikiran positif

Cobalah untuk selalu berpikiran positif tentang apapun yang dilakukan. Banyak-banyaklah berkumpul dengan orang-orang yang memang berpikiran positif untuk membantu menjauhkan Anda dari pikiran-pikiran negatif yang mengganggu.

Bersama orang-orang positif tentunya perasaan dan pikiran juga akan lebih baik lagi. Bahkan jika merasa susah menghilangkan kekecewaan akibat kegagalan yang ada, Anda bisa coba mencurahkan dengan teman-teman terbaik.

Kesuksesan dimulai dari diri sendiri

Kesuksesan yang ada bukan didapatkan dari orang lain melainkan dari diri sendiri. Anda lah yang bisa merubah takdir Anda sesuai dengan yang diinginkan. Selalu tanamkan niat yang kuat serta kerja keras di dalam diri agar kesuksesan bisa menghampiri Anda kapanpun.

Sumber: cermati.com