Memperlakukan barang bekas butuh keputusan tegas, disimpan atau tidak disimpan. Jika anda tidak punya ketegasan sikap maka hidup anda akan dipusingkan oleh keberadaan barang bekas di rumah atau tempat tinggal anda. Tips-tips Menghadapi Barang Bekas

Berikut tips yang mesti anda perhatikan ketika ada barang bekas yang mulai menumpuk di rumah anda:

        1.    Pastikan barang bekas tersebut masih, akan dan bisa digunakan lagi

Barang bekas yang mesti disimpan biasanya adalah barang yang masih bisa digunakan alias berfungsi dan akan dipakai lagi oleh pemiliknya.

Jika barang tersebut masih bisa digunakan namun tidak terpakai lagi oleh pemiliknya maka sebaiknya tidak perlu disimpan. Semakin banyak tumpukan barang maka semakin bingung anda menyeleksinya.

Putuskan saja apakah barang yang bakal disimpan masih bisa diberfungsi dan masih akan digunakan atau tidak.

         2.    Pikirkan tentang tempat untuk menyimpan barang

Tempat untuk menyimpan barang biasanya membutuhkan ruangan atau wadah khusus yang harus kita siapkan. Tempat atau lokasi penyimpanan biasanya berada pada lokasi tertentu seperti gudang.

Saya tidak yakin kalau rumah kita memiliki gudang khusus untuk menyimpan barang bekas, karena rumah kita sempit dan jika ada ruangan yang kita fungsikan sebagai gudang maka kita pasti akan kekurangan ruangan untuk difungsikan sebagai ruangan yang lebih berguna dari pada sekedar ruangan.

Jika tidak punya ruangan khusus untuk menyimpan dan barang-barang bekas miliki kita hanya bisa kita sisipkan atau menaruh di atas lemari maka sebaiknya kita tidak perlu menyimpan lebih banyak barang lagi.

        3.    Pertimbangkan untuk menyumbangkan barang bekas

Barang bekas yang paling bisa disumbangkan kepada orang lain dan memiliki manfaat lebih adalah pakaian bekas, mainan anak, buku pelajaran bekas dan barang elektronik bekas yang masih berfungsi.

Kalau barang elektronik yang tidak berfungsi lagi jangan disumbangkan tapi dijual saja atau diberikan ke pemulung barang bekas.

Tapi kalau anda benar-benar baik, anda bisa menservis terlebih dahulu baru disumbangkan.

Yang mesti kita camkan adalah bahwa menyumbangkan barang bekas akan memberikan kita pahala karena membantu orang lain. Bandingkan jika barang tersebut hanya dibiarkan teronggok begitu saja tanpa dimanfaatkan dan lama kelamaan rusak begitu saja, padahal kita sudah mengeluarkan uang untuk membeli barang tersebut sia-sia begitu saja.

        4.       Menjual barang bekas

Saat barang bekas kita yang kita beli dengan harga yang mahal sudah tidak terpakai lagi dan kita tidak rela untuk menyumbangkan kepada orang lain maka alternative lainnya adalah menjualnya.

Anda tidak perlu malu-malu untuk menawarkan barang bekas milik anda tersebut karena saat ini sudah ada toko online yang siap membantu anda menawarkannya kepada calon pembeli di internet yang siap untuk membayar.

Mungkin orang dulu punya kebiasaan untuk menumpuk barang bekas yang tidak terpakai begitu banyaknya, hal ini mungkin disebabkan oleh karena mereka gengsi untuk menawarkan untuk dijual kepada orang lain.

Sekarang sudah jaman internet, tidak ada lagi cara-cara manual seperti dulu lagi, semuanya via internet dengan peluang barang yang kita jual dilihat dan dibeli orang sangatlah besar.

         5.       Mengubah fungsi barang bekas

Salah satu cara untuk memanfaat kan barang bekas adalah menggubah fungsi asli barang bekas anda menjadi sebuah barang yang memiliki fungsi lain yang berbeda dari fungsi sebelumnya.

Misalnya hardisk bekas yang sudah tidak berfungsi lagi bisa dibongkar dan dimodif jadi asbak rokok atau penahan pintu rumah. Casing komputer bisa dijadikan sebagai kotak surat.

Semoga berguna