Dimensinya yang begitu kecil untuk ukuran sebuah server, dengan panjang 7.3 cm, lebar 6.5cm, dan tebalnya hanya 3.0cm membuatnya sebagai server terkecil yang pernah ada. Server? komputer server biasa atau server apa? TL-PS110U USB print server adalah printer server buatan TP-Link dengan ide yang cukup brilian.
Biasanya dalam jaringan komputer, sharing printer dilakukan dengan menghubungkan sebuah printer pada salah satu komputer atau server dalam jaringan. Komputer yang terhubung dengan printer tersebut diatur untuk berfungsi sebagai server printer, sebagai server printer maka printer yang terhubung pada komputer tersebut dapat dipakai secara bersama-sama oleh komputer lain dalam jaringan.
Yang pasti alat ini hanya berfungsi sebagai printer server bukan sebagai printer. Pemakaian komputer sebagai printer server sepertinya sudah mesti ditinggalkan. Alasannya adalah:
1.    Sudah ada perangkat khusus seperti TL-PS110U yang sangat efisien dan bisa menggantikan peran sebuah komputer terkait dengan fungsi printer sharing.
2.    TL-PS110U memiliki dimensi dengan ukuran kecil membuatnya tidak boros tempat.
3.    Kompatibel dengan lebih dari 320 model printer.
4.    Support  banyak protocol jaringan ( IP, IPX, Apple talk, SMB, LPR/LPD) dan banyak Operating System(Windows 9x/ME, Windows NT/2000/XP/Vista/7, Mac OS 8.1 or Later, UNIX/Linux, Netware 3.12 or Later).
5.    Komsumsi listrik yang kecil, 5V DC dengan 2A, total daya= 10 VA
6.    Support IP addressing via DHCP server.
7.    Firmware yang bisa diupgrade.
8.    Koneksi LAN dengan speed 10/100 Mbps dengan port RJ45.
9.    Dilengkapi dengan port USB.
10.    Cocok dan efisien untuk jaringan rumah dan kantor kecil.
11.    Mudah dikonfigur karena menggunakan web via browser. 

Jika anda sedang membangun infrastruktur jaringan bagi rumah kantor atau kantor kecil anda sebaiknya pertimbangkan produk USB print server dari TP-Link ini. Harganya murah info Bhineka.com 316 ribu rupiah. Alat ini cukup praktis, meski setiap komputer yang terhubung harus terinstall dengan driver dari printer tapi cukup efektif dan efisien dibanding dengan pamakaian sebuah komputer.

Source:
Bhineka.com
Tp-link.com
Spek lengkap dari TL-PS110U USB Print Server