UB40 adalah grup musik asal Inggris yang dibentuk pada tahun 1978 oleh sekelompok pemuda dengan latar belakang budaya dan ras yang berbeda. Sampai saat ini multikultur ala UB40 masih bertahan dengan sebagian besar anggotanya masih sama seperti ketika pertama kali terbentuk. Multikultur dari grup band reggae ini terlihat jelas dari profil anggota-anggotanya, sebut saja Campbell bersaudara (Robin, Duncan dan Ali, mantan vokalis utama UB40), James (Jimmy) Brown, Brian Travers adalah warga asli Inggris Raya alias kulit putih, Terence”Astro” Wilson, Earl Falconer dan Tony Mullings adalah warga Inggris berkulit gelap keturunan Afrika dan anggota terakhir,Norman Hassan, adalah warga keturunan Arab. Sejak sebelum bermusik bersama di UB40, anak-anak muda asal Birmingham ini telah mengenal dengan baik satu sama lainnya.

Paduan dari aneka budaya di lingkungan tempat asal para anggota band menjadi faktor penentu warna musik UB40. Semua anggota band yang tergabung pada tahun 1978 menghabiskan masa remaja mereka di daerah Balsall Heath, sebuah area di Birmingham yang menjadi tempat bermukimnya orang-orang dari berbagai bangsa seperti Inggris, Irlandia, Arab, Kepulauan Karibia turunan Afrika, Turki, India, Pakistan dan Kashmir. Pengaruh Balsall Heath yang multikultur sangat besar kepada UB40, di mana di daerah ini terdapat banyak aliran musik terutama seperti Bluess, reggae, Ska dan Lovers Rock . Masing-masing anggota band sendiri memiliki latar belakang musik di keluarga mereka. Ayah dari Campbell bersaudara merupakan musisi Folk Song Skotlandia, Terence”Astro” Wilson dan Earl Falconer yang turunan Jamaika memiliki latar belakang aliran reggae yang kental. Norman Hassan yang berdarah Yaman akrab dengan alat musik perkusi. Latar belakang musik dari budaya yang berbeda, kemudian disatukan dalam sebuah band.

Perbedaan warna musik tiap anggota menjadikan musik mereka unik. Keunikan yang melahirkan lagu-lagu merdu berirama reggae, yang diterima oleh semua pendengar di seluruh dunia. Dari awal terbentuk hingga kini lagu-lagu UB40 telah terjual lebih dari 70 juta copy, sebuah pencapain yang luar biasa oleh sebuah band yang beraliran reggae.

Di samping kerja keras, kesuksesan yang dicapai adalah hasil kebersamaan yang kompak. Tidaklah mudah menyatukan pribadi-pribadi unik dari berbagai belahan dunia terutama yang berhubungan dengan SARA, namun para personil UB40 membuktikan bahwa mereka bisa mengolah perbedaan tersebut dan menghasilkan karya-karya musik yang sukses. Selama tiga puluh tahun, band ini mampu bertahan dengan anggota yang sama sejak 1978, meski akhirnya di tahun 2008 pemain keyboard, Mickey Virtue dan sang vokalis utama, Ali Campbell, resign dengan alasan fokus bersolo karir, UB40 tetap ada dengan hadirnya anggota baru yang menambah keragaman mereka.

Kebersamaan seperti yang ditunjukkan para personil UB40 harusnya menjadi bahan renungan bagi siapapun yang tinggal dalam lingkungan multikultur dan menjadi pelajaran bagi siapapun yang dengan arogan mengatakan bahwa ras-nya adalah yang paling unggul.

Referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/UB40