Sejak Desember 1992, Badan Sepak Bola Dunia atau FIFA memberikan peringkat kepada tim sepak bola dari seluruh negara anggota FIFA dengan tujuan utama adalah untuk membandingkan kekuatan tim nasional negara-negara anggota yang tergabung. Seiring waktu, system peringkat tersebut dipakai oleh FIFA untuk mengukur seberapa cepat perkembangan akan kemajuan tim nasional negara-negara yang terdaftar dalam kepengurusan FIFA. Pada tahun 2006 FIFA mengumumkan sistem baru untuk menentukan peringkat tim sepak bola sebuah negara. Sistem yang oleh FIFA diklaim sebagai alat ukur yang sangat akurat dan bisa diandalkan.

Klaim FIFA tersebut mendapat kritikan ketika ada beberapa negara yang secara prestasi biasa-biasa saja namun memiliki peringkat yang tinggi, seperti Israel yang sempat berada di peringkat ke 15 pada November 2008. Kontroversi itu menjadi alasan utama adanya sistem peringkat alternativ selain peringkat dari FIFA seperti World Football Elo Ratings. Munculnya alternatif ini, menandakkan begitu sensitif dan penting sistem peringkat atau rangking dalam dunia sepak bola.

Seiring dengan membaiknya akurasi sistem rangking dari FIFA maka peringkat yang dikeluarkan oleh badan tertinggi sepak bola sedunia tersebut, digunakan untuk urusan yang lebih strategis dan penting seperti menentukan tim-tim mana saja yang layak menjadi tim unggulan yang nantinya akan menentukan posisi undian penyisihan grup dalam sebuah kompetisi resmi yang diakui oleh FIFA seperti Piala Dunia. Penentuan tim unggulan dalam sebuah kejuaraan salah satunya didasarkan pada posisi rangking yang dikeluarkan oleh FIFA. Keuntungan menjadi sebuah tim yang menempati posisi unggulan dalam suatu kejuaran adalah tim tersebut dipastikan tidak akan bertemu tim unggulan lain dalam penyisihan grup dan juga pada babak selanjutnya.

Secara tidak langsung rangking FIFA turut membantu panitia penyelanggara sebuah kejuaraan antar negara dalam menentukan tim unggulan dan non unggulan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kualitas sebuah kejuaraan atau turnamen karena tim-ti m unggulan dipastikan tidak akan saling menjegal di babak awal sampai babak kedua. Dengan demikian maka dapat dipastikan babak semifinal dan final berisikan partai seru yang melibatkan tim-tim unggulan terbaik.

Apakah FIFA memberikan hadiah kepada negara yang berada diperingkat teratas? Tidak ada hadiah khusus untuk peraih peringkat teratas namun FIFA memberikan apresiasi kepada negara-negara tertentu, berdasarkan perkembangan peringkat tim nasional sepak bola mereka. FIFA memberikan dua penghargaan yaitu Team of the Year dan The Best Mover of the Year. Team of The Year diberikan kepada tim yang meraih nilai tertinggi berdasarkan tujuh pertandingan yang dilakukan dalam satu tahun. The Best Mover of the Year diberikan kepada tim yang dianggap paling maju perkembangan peringkatnya dalam satu tahun.