Kehadiran jaringan komputer memungkinkan pengguna komputer untuk bisa terhubung dengan komputer lain, saling berbagi informasi dan mendapatkan akses terhadap sumber data atau file yang tidak disediakan oleh satu komputer. Sebuah komputer tidak bisa melakukan segalanya tanpa melibatkan komputer lain. Server tidak bisa berperan sebagai server dan juga sekaligus sebagai klien. Berapa banyak server yang mesti disediakan?

Kehadiran jaringan komputer memberikan dampak yang besar yaitu penghematan biaya dan waktu. Berikut adalah berbagai bentuk implementasi penggunaan jaringan komputer baik di kantor maupun di rumah.

1.    Pemakaian CD-ROM
Meski penggunaan CD-ROM sudah jarang dilakukan namun pemakaian CD-ROM secara bersama-sama masih tetap dilakukan, hal ini untuk menghindari terpasangnya CD-ROM pada masing-masing komputer dalam satu jaringan. Pemakaian secara bersama-sama yang terpusat pada satu komputer memungkin penghematan biaya pengadaan CD-ROM pada masing-masing komputer, fakta bahwa CD-ROM sudah mulai ditinggalkan membuat peralatan ini menjadi barang langkah, namun sesekali  masih tetap dibutuhkan. Salah satu peran networking adalah memungkinkan data dalam piringan CD bisa diakses oleh komputer (laptop atau PC) yang secara fisik tidak memiliki CD-ROM.

2.    Media Penyimpanan
Networking memungkinkan alternatif media penyimpan yang tidak saja terpusat pada komputer si pengguna tapi bisa juga disimpan ke komputer lain dalam jaringan. Kondisi ini memberikan beberapa keuntungan, antara lain adalah penghematan space hardisk dari komputer lokal dan juga sebagai data backup jika kejadian terburuk menimpa komputer lokal tersebut.

3.    Printer dan Fax
Tanpa networking tiap-tiap komputer di sebuah kantor harus memiliki sebuah printer atau harus dilakukan cabut pasang jika ingin satu printer dipakai bersama. Peran networking memungkin sebuah printer dan fax bisa dipakai secara bersama-sama.

4.    File sharing
Ketika harus menginstall atau mengupdate 100 buah komputer dengan sebuah aplikasi, langkah pertama yang dilakukan adalah mengcopy sumber installer aplikasi itu ke tiap-tiap komputer. Tapi dengan networking anda tidak perlu galau dengan kondisi ini, sumber installer cukup ditaruh di sebuah komputer, sharing dan tinggal diakses dari komputer yang mau diinstall, selesai.

5.    Video konferens dan voice
Networking juga bisa dipakai untuk melewatkan data gambar bergerak dan suara. Mirip dengan siaran langsung TV namun komunikasi yang terjadi adalah secara dua arah.  

6.    Internet
Akhir kata, tanpa yang namanya Networking tidak akan ada internet. Tetapi networking tidak bisa diartikan sebagai internet. Salah satu implementasi dari computer networking adalah untuk menghubungkan berbagai komputer dengan skala jangkauan yang sangat luas, melibatkan semua komputer di dunia yang dikenal sebagai internet. Internet adalah salah satu implementasi dari networking dan paling banyak penggunanya dengan melibatkan banyak komputer dan berbagai fomat data, dari teks sampai video konferensi via VPN.

Layaknya individu manusia yang tidak bisa hidup tanpa kehadiran dan peran sesamanya, hal yang sama berlaku juga dalam dunia komputer.

Semoga dicerahkan dengan posting ini.