Mencari ide untuk tulisan dari internet memang membutuhkan kesabaran yang tinggi, terutama saat anda mencarinya di website berbahasa Inggris yang membutuhkan kemampuan untuk dapat paham Bahasa internasional tesebut. Website-Website Berbahasa Indonesia Untuk Mencari Ide Blog

Namun demikian, website-website berbahasa Indonesia pun jangan dianggap sebelah mata dalam memberikan ide dan masukan bagi kita untuk mendapatkan sebuah ide yang kemudian bisa dikembangkan menjadi sebuah tulisan yang bagus untuk diposting di blog.

Anda harus yakin dengan apa yang saya katakan jika anda ingin benar-benar mendapatkan ide dari website-website berbahasa Indenesia.

Mencari ide tulisan di website-website berbahasa Indonesia memberikan keuntungan berupa ide yang sesuai dengan kondisi yang atau hot topic yang sedang terjadi di tanah air.

Karena biasanya yang sedang trend di website global belum tentu jadi trend  di lokal kita.

 Website-website berbahasa Indonesia mana sajakah yang mesti anda kunjungi untuk mendapatkan ide untuk blog anda. 

      1.       Kompasiana.com

Kompasiana.com menyediakan ribuan tulisan dari para penulis yang bisa dikategorikan sebagai penulis amatir yang bisa dibaca secara gratis.

Tulisan mereka tidak bagus-bagus amat tapi pilihan ide, judul dan isi tulisan bisa anda kembangkan tanpa harus meniru bulat-bulat apa yang mereka tulis.

Kompasiana seperti induknya kompas.com lebih banyak membahas tentang berita-berita terkini yang dimuat kompas.com tapi ada juga topik lain yang dibahas di situ yang bisa kita kembangkan menjadi tulisan yang lebih bagus.

Kita tinggal mengganti judul, memodif sedikit dua atau tiga paragraph awalnya, cari kata kuncinya apa coba masukkan ke mesin pencari, cek apakah ada tambahan point-point yang bisa dipakai untuk memperkaya tulisan kita.

Keuntungan

      2.       id.answers.yahoo.com

id.answers.yahoo.com adalah versi Bahasa Indonesianya dari Yahoo answer dot com. Sama seperti induk semangnya, id.answers.yahoo.com beriisikan banyak pertanyaan polos dari para anggota forum tersebut.

Pertanyaan polos? Iya pertanyaan dari anggota yang masih baru pertama kali mencoba bergerilya di internet. Pertanyaan mereka sering terlalu polos, sampai banyak jawaban yang sedikit membuli mereka.

Tapi dari sekian banyak pertanyaan polos dan sebagian besar jawaban yang meyakinkan dari para senior, kita bisa menemukan ide-ide sederhana yang dapat dikembangkan menjadi tulisan yang bagus untuk diposting.

Pada id.answers.yahoo.com  tersedia kategori-kategori yang dapat dipilih sesuai dengan kriteria ide blog yang kita sukai atau sedang kita cari.

     3.       Bhineka.com

Situs jual beli online ini bisa anda kunjungi untuk mencari ide, ide yang anda dapatkan bukan dari spek produk yang dijual di situ tetapi dari komentar para pembeli atau pengamat produk tentang barang yang dijual.

Saya beberapa kali menemukan ide dari Bhineka.com, caranya sederhana. Anda kunjungi produk yang ingin anda bahas atau cari produk yang saat ini lagi ngetrend.

Pilih dan klik produk dengan komentar terbanyak, cek satu persatu komentar yang ada, temukan dan kembangkan kata kunci berdasarkan produk tersebut.

Apa saja yang ditawarkan di bhineka.com bisa anda kembangkan menjadi ide tulisan, mulai dari peralatan rumah tangga, hobi sampai gadget.

     4.       Dailysocial.id

Dailysocial.id adalah sebuah situs yang selalu mengupdate tentang trend IT terkini, meskipun ada juga postingnya dikutip dari media internasional tapi secara keseluruhan website berbahasa Indonesia ini memberikan informasi yang bisa kita jadikan ide untuk membuat sebuah tulisan yang berbobot.

     5.       jagatreview.com

Anda yang sedang membuat dan mengembangkan website atau blog review produk IT seperti gadget dan komputer maka anda bisa mengambil ide yang terlewatkan oleh para penulis review produk  pada Jagatreview.com.

Anda bisa belajar membuat review dan juga bisa menambahkan ide dan point-point yang bisa saja lolos dari pengamatan jagatreview.com untuk dijadikan tulisan baru, namanya juga orang pastilah ada yang tertinggal dari pengamatan mereka.

Tulisan yang populer biasanya datang dari ide yang sederhana, website lokal pasti lebih banyak membahas tentang apa yang terjadi dalam negri. Jangan pernah menyepelekan website lokal berbahasa Indonesia, pelan tapi pasti mereka akan menjadi raja di negeri sendiri.