Kenapa anda harus menggunakan wifi router? Membuat sebuah hot spot tidak harus berbiaya mahal, tidak perlu pc router yang boros listrik, tapi cukup dengan sebuah alat yang dimensinya kecil dan ringan, cuma butuh listrik DC kurang dari 12 volt, konfigurasinya tidak sulit, manualnya lengkap, semua serba mudah.. ya alat itu namanya wifi router. 

Mengoperasikan hotspot via wifi router adalah dengan hanya menancapkan modem usb ke wifi router tersebut, nyalakan lalu tunggu sebentar, lihat dan pastikan indicator LED tanda sudah terkoneksi menyala dan selesai. Koneksikan smartphone, laptop, tablet  dan komputer via wireless ataupun kabel data UTP untuk PC dan laptop jika tidak wifi interface.

Persoalannya bukan itu, masalahnya adalah wifi router seperti apa yang bagus? Memilih wifi router yang bagus dan tepat dengan kebutuhan di atas tidaklah mudah, bisa-bisa anda salah membeli dan harus membeli ulang.

Ada sebuah wifi router yang cukup handal, saya sudah menggunakannya selama dua tahun dan sampai saat ini masih stabil performanya. TP-LINK 3G Wireless-N Router TL-MR3420 adalah wifi router yang cukup lengkap, model dari wifi router TL-MR3420 dan TL-MR3220 yang saat ini dijual adalah model atau keluaran terbaru, type terbaru dari kedua wifi router ini menjawab atau memperbaiki beberapa keluhan dari pelanggan terhadap model terdahulunya.

Keluhan-keluhan tersebut antara lain:

1.    Tombol On dan Off
Pada model yang lama tidak adanya tombol on dan off membuat kita terpaksa mematikan wifi ini dengan cara mencabut jack adaptor atau memutuskan secara langsung aliran listrik dari stop kontak. Pada model terbaru terdapat tombol On dan Off yang memudahkan pemiliknya mematikan power listrik hanya dengan memencet tombol.

2.    Suhu perangkat yang dianggap panas
Pada model terbaru yang saya gunakan, suhu perangkat ini sama sekali tidak panas, sama sekali tidak bahkan masih lebih panas suhu smartphone yang sedang dipakai untuk memainkan game berat. Mungkin karena desain terbaru yang lebih banyak celah udaranya dibandingkan dengan model lama.

TP-LINK 3G Wireless-N Router TL-MR3420 dan TP-LINK 3G/3.75G Wireless-N Router TL-MR3220 merupakan dua wifi router terbaik, selama dua tahun pemakain tidak pernah ada keluhan terkait dengan software dan hardware. Berikut testimoni saya selama dua tahun menggunakan produk TP link ini:

1.    Selama dua tahun, konfigurasi hanya sekali saya lakukan ketika pertama kali pakai, setelah konfigurasi tidak pernah berubah.

2.    Tombol reset pun berfungsi dengan baik dan sudah pernah saya coba tidak ada masalah.

3.    Jangkauan sinyal masih stabil, dengan jarak yang sama seperti pertama kali beli.

4.    Koneksi internet via wifi router ini,  stabil dan kencang. Sudah dua kali saya pakai buat update Android Samsung Galaxy note II, lancar dan stabil. Update pertama 700-an MB  dan Update kedua 450 MB, kedua tidak terputus sama sekali.

5.    Semua perangkat, dari tablet, PC, koneksi kabel UTP, laptop tidak ada masalah.

6.    Firmware belum pernah diupgrade masih seperti pertama beli tapi tidak ada gangguan, performa wifi dan router masih bagus.

7.    DHCP server tidak pernah bermasalah. Cuma sekali konfigur selama dua tahun.

8.    Ruangan tidak menggunakan AC, hanya kipas angin tapi suhu perangkat tidak panas.

9.    Harga yang ditawarkan jika dibandingkan dengan kualitas perfoma yang diberikan menurut pendapat saya wifi router ini sanga-sangatlah bagus.

10.    Untuk antenna bisa anda lepas dan diganti dengan antenna yang memiliki power yang besar, antenna-antenna outdoor yang  menggunakan konektor adapter SMA reverse juga bisa dipasang ke wifi router ini, dengan begitu maka antenna Outdoor yang memiliki power atau dB besar bisa dipakai oleh dengan wifi router dari TP Link ini. 

Semoga berguna.
Sumber gambar: http://www.flickr.com/photos/leondel/5938878443