Dalam Sistem Jaringan Komputer OSI layer diibaratkan seperti sebuah kitab suci yang berisikan arahan atau panduan proses bagaimana sebuah data bisa terkirim dari sebuah komputer dan kemudian diterima oleh komputer lainnya. 

Salah satu kelebihan dari OSI layer  adalah jika terjadi perubahan pada salah satu layernya maka perubahan tersebut tidak menyebabkan perubahan pada layer lainnya. Pemakaian model OSI layer dalam dunia networking memberikan peluang bagi vendor-vendor penyedia produk terutama produk yang menyangkut media penghantar untuk terus mengembangkan teknologi terbaru yang canggih dan semakin murah.

Dalam tingkatan layer dari lapisan OSI, wireless termasuk dari lapisan 1 atau Physical Layer, penggunaan wireless layaknya media kabel merupakan bukti bahwa perubahan pada salah satu layer dari OSI layer tidak menyebabkan layer lain pun berupa mengikuti perubahan dari layer di mana wireless berada.

Tidak ada protocol tambahan atau special protocol pada Data Link layer, Network layer bahkan  sampai layer aplikasi yang khusus diperuntukan jika data dilewatkan via jaringan wireless. TCP/IP, mac address adalah tetap yang sama seperti yang digunakan jika menggunakan jaringan kabel.

Sebagai bagian dari Physical Layer, tugas-tugas yang dilakukan oleh perangkat wireless adalah sebagai berikut:

1.    Mengirim dan menerima bit
Bit adalah sinyal listrik yang berisikan atau menyatakan kondisi  dari sinyal tersebut dengan  kode 1 dan 0.

2.    Mengatur topology fisik yang digunakan
Topology yang dimaksud di sini adalah susunan perangkat dan alur sinyal gelombang electromagnet dari Access Point ke Wireless Adapter atau dari wireless adapter langsung ke sesama wireless adapter tanpa harus melewati Access Point. Pengaturan topology tidak bisa dilakukan secara manual seperti pada jaringan kabel, pada jaringan wireless wifi topologi diatur dengan menggunakan konfigurasi secara software.

Demikian, jaringan wireless merupakan bagian dari Physical layer dengan tugas utamanya adalah mengirim dan menerima bit, mengatur seperti apa topology fisik yang digunakan.

Sumber gambar: https://www.flickr.com/photos/edverillo/418708068/