Saya sama sekali tidak punya tato, selain ngeri ditusuk jarum, melakukan tato katanya tidak baik bagi kesehatan, gak tahu organ tubuh mana yang langsung terganggu kesehatannya jika sesorang membuat tato.

Selain itu, waktu dulu kalau ketahuan punya tato permanen sama orang tua, rasanya seperti kiamat.Yang Baru Mau Bikin Tato Permanen Harap Ditunda Dulu

Bukan tidak berani menentang orang tua tapi apa yang dinasehati oleh mereka lebih banyak benarnya, buktinya pada situs kompas healt diberitakan bahwa tato permanen dapat menyebabkan gangguan kulit mulai dari iritasi, gatal-gatal sampai kanker kulit.

Ini fakta terbaru seputar bahaya tato permanen bagi kesehatan yang mesti diketahui:

1.    Sebuah studi baru yang mengejutkan dari European Chemicals Agency (ECHA) menemukan, pewarna dalam tinta tato dapat menjadi penyebab kanker.

2.    Efek samping lainnya yang mungkin ditimbulkan ialah zat beracun yang dapat menimbulkan rasa gatal yang menyakitkan selama bertahun-tahun selama tinta tersebut berada di bawah kulit.

3.    Tinta tato warna merah adalah yang paling berbahaya. Menurut ECHA, Tinta hijau, hitam, dan biru juga dianggap berbahaya juga.

4.    Masalahnya bukan pada tempat atau alat untuk mentato yang higienis atau tidak, tapi lebih soal tinta tato yang digunakan membuat tato.

5.    Pada tinta tato yang  murah buatan China ditemukan senyawa beracun yang berbahaya.

6.    Di Inggris, tinta tato yang diimpor dari China tidak diatur atau diperiksa standar keamanannya.

7.    Banyak toko-toko tato di Inggris yang luput dari pengawasan pemerintah.

8.    Federal Drug Administration (FDA) di AS juga memperingatkan tentang bahaya tinta tato. Dalam situsnya, FDA mengatakan bahwa reaksi alergi terhadap tinta tato bisa terjadi tepat setelah tato dibuat atau bahkan bertahun-tahun kemudian.

9.    FDA mengungkapkan kulit gatal atau meradang di lokasi tato dan laporan terbaru terkait dengan tinta tato permanen ini, telah mendorong FDA untuk mempelajari keamanan tinta tato.

10.    The NCTR  menemukan bahwa prosedur penghapusan tato menggunakan laser, di mana laser digunakan untuk memecah tinta, mungkin mengirimkan pigmen ke kelenjar getah bening tubuh dan memberikan kesempatan bagi sel-sel kanker masuk ke dalamnya untuk kemudian bermetastasis seluruh tubuh.

11.    Menurut Truth About Cancer, sekitar 10 persen orang yang memiliki tato permanen telah menderita reaksi merugikan akibat tinta, termasuk gatal dan infeksi yang berlangsung selama lebih dari empat bulan.

Masih tubuh anda dihiasi dengan tato permanen? Pikirkan kembali keinginan anda.
Sumber: kompas.com