Memiliki tablet, baik itu android atau apple tapi tidak dapat terkoneksi ke internet sangatlah membuat frustrasi. Koneksi internet pada tablet adalah nyawa bagi perangkat atau gadget tersebut, dengan internet pengguna gadget tersebut bisa melakukan aktivitas tanpa batas mulai dari browsing, chating sampai game online.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiasati masalah tidak adanya koneksi internet di tablet anda. Biasanya pada sebuah tablet terdapat beberapa koneksi ke internet antara lain menggunakan jaringan wifi dan jaringan GSM 3G.

Koneksi internet pada tablet lebih banyak menggunakan jaringan GSM namun koneksi ke GSM merupakan koneksi yang paling sering bermasalah, hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain adalah :

1.    Adanya gangguan pada Jaringan GSM  3G karena  disebabkan problem pada sisi provider , misalnya sinyal yang lemah dan adanya gangguan yang sifatnya masal. 

2.    Gangguan koneksi bisa juga disebabkan oleh karena kesalahan dari si pengguna tablet itu.  Misalnya si pengguna lupa untuk memperpanjang masa langganan karena sedang tidak ada uang atau lupa masa aktifnya sudah habis.

3.    Tidak tersedianya koneksi GSM pada perangkat tablet, pada tablet hanya tersedia koneksi via wifi saja.

Tidak adanya koneksi internet karena masalah koneksi jaringan GSM sebenarnya bisa di atasi dengan memanfaatkan koneksi wifi, caranya adalah :

a.    Siapakan dan gunakan modem mifi seperti modem bolt yang ada koneksi internet GSM 3G atau 4G dan bisa membagi koneksi internetnya dengan menggunakan koneksi wifi. 

b.    Sharing internet dari smartphone anda dengan koneksi wifi.

c.    Jika sedang bepergian tanyakan pada tempat anda singgah apakah ada koneksi wifi gratisnya. Jika ada manfaatkan koneksi wifi gratis tersebut dengan menggunakan tablet anda.

Bagaimana kalau tidak ada koneksi 3G dan koneksi hotspot  wifi sama sekali tidak ada koneksi, sama sekali tidak ada koneksi internet ? Apa yang mesti dilakukan dengan tablet anda:

1)    Main game offline

2)    Baca ebook, untuk itu mulai sekarang copykan file-fle ebook ke tablet anda jika ada masalah dengan koneksi internet, anda bisa mengisi waktu dengan membaca buku.

3)    Nonton film

4)    Manfaatkan kamera untuk membuat foto atau video.

Semoga berguna.
Sumber gambar: Johan Larsson