Kabel data yang dipakai untuk instalasi jaringan komputer di rumah atau kantor kecil  adalah jenis UTP.
Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan terkait pemilihan dan pemakaian kabel UTP sebagai media penghubung pada jaringan.

Pertimbangan-pertimbangan tersebut sudah harus diketahui dan dipahami agar menjadi patokan saat mulai dari survey awal sampai pada tahap instalsi jaringan komputer.

Berikut adalah hal-hal yang mesti dihindari atau tidak boleh dilakukan jika menggunakan kabel UTP pada jaringan komputer.

1. Panjang Maksimum Kabel.

Maksimum kabel UTP untuk menghubungkan satu perangkat dengan satu perangkat secara langsung  adalah 100 meter. Meskipun rekomendasinya adalah 100 meter maka lebih baik panjang maksimum cukup 50 meter saja.

2. Kabel listrik  dan kabel UTP

Kabel listrik dan kabel UTP tidak boleh ditempatkan berdekatan apalagi dimasukkan dalam pipa atau jalur kabel yang sama. Alasannya adalah medan listrik yang timbul oleh kabel listrik dapat menimbulkan efek radiasi pada kabel data sehingga mengganggu proses pengiriman data.

3. Dekat Mesin Lisrtik 

Selain kabel listrik beberapa mesin listrik seperti motor pada pendingin AC juga dapat menimbulkan medan listrik yang dapat menggangu. Oleh sebab itu kabel data tidak boleh ditempatkan pada peralatan-peralatan listrik yang dapat menimbulkan efek radiasi medan electromagnet yang bersifat interferensi.

4. Tempat yang basah dan lembab

Tempat basah dan lembab adalah musuh bagi semua peralatan elektronik, termasuk kabel. Jadi perhatikan apakah jalur kabel yang kita pasang tempatnya harus kering. Pastikan pada musim hujan kabel-kabel data tidak basah oleh air hujan dari atap yang bocor.

5. Tanpa Pelindung Kabel

Idealnya kabel data harus dimasukkan ke dalam pipa, hal ini bertujuan untuk menghindari dari gigitan hama terutama tikus.

6. Kabel Cadangan  

Yang paling sering dilupakan adalah kabel cadangan untuk berjaga-jaga jika terjadi kerusakan atau masalah pada kabel utama. Tidak perlu semua koneksi disiapkan cadangannya, cukup koneksi antara switch ke switch atau switch ke router atau ke server.

7. Kabel Tidak ditandai

Menandai tiap-tiap kabel yang terkoneksi ke semua perangkat adalah hal yang penting. Biarpun anda sendiri yang melakukan instalasi tapi seiring waktu berjalan kita sering lupa kemana tujuan atau ujung kabel satunya terkoneksi. Siapkan alat penanda yang tahan lama dan kuat serta jelas tulisannya.

Instalasi kabel adalah tahap yang paling melelahkan tapi sangat penting. Proses pengerjaan yang tepat akan menentukan suksesnya instalasi jaringan. Dengan menentukan jalur kabel yang benar maka data yang akan dilewatkan tidak mengalami gangguan.

Dengan memahami hal-hal di atas maka saat malakukan survey akan jelas bagi kita dalam menentukan keputusan terkait dengan instalasi kabel dan instalasi jaringan secara keseluruhan.