Salah satu cara untuk mengurangi tagihan listrik adalah mengurangi pemakaian pendingin ruangan AC dan menggantinya dengan kipas angin.

Jenis kipas angin yang paling ideal untuk dipakai adalah kipas angin langit-langit atau ceiling fans yang biasa ditempel di plafon. Tunggu sebentar, kipas angin plafon atau ceiling fans itu tidak asal ditempel saja, tapi ada cara pemasangannya.

Bagi yang ingin memasangang sendiri kipas angin Ceiling Fans maka harus dilakukan secara benar dan tepat, untuk itu kita mesti paham bahwa ada aturan-aturan tertentu yang wajib diketahui sebelum memasang.

Ceiling fans sendiri terdiri atas motor dan bilah-bilah kipas dan biasanya dilengkapi dengan hiasan ornament sehingga berat kipas angin ini lebih berat dibanding kipas angin biasa.

Dan jika dilengkapi dengan lampu penerang, maka ini membuat beban kipas menjadi semakin berat sehingga pemasangan-nya pun harus dilakukan secara benar.

Berikut adalah hal-hal penting yang mesti diperhatikan dan dicermati sebelum memasang kipas angin plafon tersebut.

#1. Safety First adalah yang utama, pastikan keselamatan diri terlebih dahulu

Karena saat pemasangan, kita akan bersentuhan dengan kabel listrik maka langkah pertama sebelum melakukan proses pemasangan adalah mamatikan aliran listrik.

Matikan listrik dari MCB nya langsung.

Setelah listrik sudah diamankan maka langkah selanjutnya adalah menyingkikan barang-barang yang ada di sekitar lokasi pemasangan yang dapat menghalangi kegiatan kita. Pastikan tidak ada penghalang tempat anda akan memasang kipas angin.

Pastikan anda paham sambungan kabel listrik, cek warna kabel.

Kabel biru biasanya untuk netral, kabel coklat, hitam, merah dan putih adalah untuk fasa listrik, kabel kuning atau hijau kuning biasanya untuk grounding listrik.

Cek dan baca terlebih dahulu manual atau panduan instalasi kipas angin yang terdapat pada dus atau kemasan kipas tersebut.

#2.  Peralatan yang digunakan untuk instalasi atau pemasangan kipas angin

Ini dia yang paling susah, kita itu bisanya menggunakan alat yang seadanya, tidak peduli alat itu memenuhi standar atau tidak yang penting asal pakai, bodoh amat dengan standar keselamatan.

Menggunakan peralatan yang memenuhi standar sangat berguna karena dapat melindungi kita dari resiko kecelakaan, pekerjaan kita jadi lebih nyaman, hasil yang didapat sempurna dan juga waktu pengerjaan jadi lebih cepat.

Peralatan yang kita butuhkan adalah sebagai berikut:

#a. Beberapa kunci Pas dengan berbagai ukuran atau kunci Inggris

Kunci pas atau kunci inggris bakalan berguna untuk mengencangkan baut-baut penyangga yang ada.

#b. Bor, lebih baik yang tanpa kabel dengan mata bor yang panjang

Bor tanpa kabel lebih baik karena pekerjaan lebih banyak dilakukan di langit-langit atau plafon rumah. Lebih baik dengan mem-bor dan menggunkan baut dibangdingkan jika harus menggunakan paku yang panjang.

#c. Multimeter

Multimenter listrik sangat penting karena kita bisa memastikan sambungan kabel yang kita buat ada tegangan atau tidak.

#d. Pemotong Kawat dan pengupas kabel

Bekerja dengan posisi di atas plafon sangat sulit, untuk itu lebih baik siapkan alat yang benar-benar tepat kegunaannya, salah satunya adalah pemotong dan pengupas kabel.

Anda bisa menggunakan tang potong atau alat lainnya tapi alat khusus untuk mengupas kabel dapat membuat pekerjaan jadi lebih mudah dan cepat.

#e. Tang

Tang adalah alat yang wajib tersedia, alat ini sangat berguna terutama untuk pekerjaan-pekerjaan kelistrikan. Tang membantu kita memelintir kabel menjadi lebih kuat dan cepat, juga menhindari kita dari setruman listrik.

Pastikan tang yang kita gunakan tidak terkelupas karet pengamannya.

#f. Obeng

Alat ini sudah jadi kewajiban yang harus ada saat instalasi. Jika kita bekerja pada area kelistrikan seperti memasang kipas angin maka pastikan obeng yang kita gunakan gagangnya benar-benar aman untuk dipegang.

Gunakan obeng untuk mengencangkan sekrup pada rumah motor dan bilah-bilah kipas sehingga mencegah terlepas akibat goyangan atau guncangan.

#g. Isolatip Listrik

Isolatip membuat kabel listrik terbuka menjadi aman dan tidak saling bersentuhan. Pilih isolatip listrik yang bagus yaitu fleksibel, kuat dan tahan lama. Gunakan isolatip listrik untuk melindungi semua sambungan kabel listrik yang terbuka.

#h. Tangga

Gunakan tangga untuk menjangkau plafon atau langit-langit, gunakan tangga yang anti slip.

#i. Masker debu

Biasanya di atas plafon itu banyak debu, untuk membuat kita nyaman dan terhindar dari penyakit saat melakukan instalasi maka masker debu adalah pilihan yang tepat. Jangan sampai debu-debu halus hinggap di paru-paru anda karena mengabaikan anjuran menggunakan masker.

#j. Kacamata safety

Mungkin terdengar berlebihan tapi saat melakukan pemasangan kipas angina, kita lebih sering mendongak ke atas, dan dari arah bagian atas plafon biasanya banyak debu dan juga meterial halus yang berjatuhan, dengan kaca mata maka maka mata kita akan aman dari debu dan partikel-partikel halus.

#3.  Di mana Posisi Yang Paling Tepat Untuk Memasang Kipas Angin Langit-langit?

Posisi kipas angin adalah hal yang sangat penting, lokasi yang tepat memastikan keamanan serta kinerja dan efisiensi kipas angin.

Ternyata untuk menentukan lokasi plafon untuk pemasangan kipas angin ada beberapa cara dan pertimbangan yang mesti diperhatikan dengan baik.

Berikut adalah hal-hal yang mesti dipertimbangkan untuk menentukan posisi kipas angin yang benar:

  • Kipas angin plafon atau Ceiling Fans akan menghasilkan aliran udara yang optimal ketika ditempatkan kurang lebih 2,4m sampai 2,7 meter di atas lantai.
  • Posisi bilah-bilah kipas yang  direkomendasikan adalah harus berada minimal 2,1 meter di atas lantai.
  • Posisi Bilah-bilah kipas terhadap plafon yang  direkomendasikan adalah harus menggantung setidaknya 20cm hingga 25cm di bawah langit-langit atau plafon.
  • Posisi bilah-bilah kipas angin yang  direkomendasikan adalah harus paling kurang 45cm dari dinding, pintu, lemari, dan tiang.
  • Jika anda memasang pada plafon yang yang tinggi atau miring, maka hal tersebut tidaklah efisien dan perlu diturunkan lagi agar posisinya menjadi optimal sesuai rekomendasi.
  • Pastikan lokasi di langit-langit dan daerah sekitarnya tidak retak atau rusak.

#4. Proses pengerjaan pemasangan

Untuk proses pengerjaan pemasangan kipas angin secara lengkap maka anda bisa menyimak video berikut ini:

Selamat mencoba