Wifi yang menggunakan frequency 5 GHz sudah mulai marak digunakan, namun secara prinsip banyak yang berbeda dengan wifi 2.4 GHz yang saat ini sudah begitu populer.

Dengan mengetahui ciri dan karakter teknis wifi 5 GHz maka akan memudahkan kita dalam merencanakan dan menginstalasi jaringan wifi 5 GHz.

Kenapa kita harus mulai mempertimbangkan untuk beralih ke wifi 5 GHz karena sudah terlalu padat dan banyak pemakaian frequency 2.4 GHz, di samping itu Wifi 5 GHz memiliki keunggulan lebih dibanding dengan Wifi 2.4 GHz.

Yang mesti diketahui adalah sebagai berikut.

1.    Bagaimana caranya mengetahui frequency sebuah wifi AP router, apakah menggunakan freq 5 GHz atau 2.4 GHz.

Untuk mengetahui frequency yang dipakai oleh sebuah wifi ap router maka kita harus mengecek pada spesifikasi dari wifi tersebut.

Pastikan wifi router tersebut support standar international IEEE 802.11a, IEEE 802.11ac. Untuk IEEE 802.11n mesti dicek lagi apakah tersedia dalam dual band atau single band, cek pada speknya berapa freq yang tertera.

2.    Belum banyak Wifi 5 GHz yang digunakan

Wifi 5 GHz itu baru mulai dipasarkan dan digunakan secara luas sekitar beberapa tahun terakhir saja, hal ini karena sebelumnya jika ingin menggunakan wifi jenis ini harus dengan ijin terlebih dahulu.

3.    Apakah WiFi 5 GHz bisa digunakan bersama dengan Wifi 2.4 GHz ?

Tidak bisa Wifi 5 GHz tidak akan bisa berkomunikasi dengan Wifi 2.4 GHz karena frequency operasional mereka berbeda.
Wifi Router 5 GHz hanya bisa terkoneksi dengan Wifi Klien yang 5 GHz juga.
Sama halnya dengan perangkat telepon seluler yang tidak mungkin akan berkomunikasi dengan perangkat HT atau walkie talkie.

4.    Seperti apa topologi jaringan wifi yang menggunakan Freq 5GHz.

Yang pasti tidak ada perbedaan pada topologi wifi 2.4 GHz dan wifi 5 GHz, sama persis.

5.    Kelemahan Wifi 5 GHz

Perbandingan jangkauan Wifi 5 GHz dan 2.4 GHz adalah jika menggunakan power transmit yang sama maka jangkauan WiFi 5 GHz menjadi lebih dekat atau lebih rendah dibandingkan dengan WiFi 2.4 GHz.

Ya, begitulah, satu-satunya kelemahan Wifi 5 GHz adalah jangkauannya tidak sejauh wifi 2.4 GHz.