Yang Mesti Diketehui Tentang Memory CardMemory Card atau SD card adalah bagian yang tidak terpisahkan dari perangkat gadget seperti Smartphone ,Tablet dan kamera digital, peran SD card pada kedua perangkat itu layaknya Hardisk pada komputer.

Apa itu SD card, apa saja yang mesti diketahui tentang SD card atau memory card atau kartu memori, cek pembahasan berikut ini sampai tuntas.

  1. SD Card dan MicroSD card

Memory card atau SD card adalah kepanjangan dari Secure Digital Card merupakan perangkat atau media penyimpan data yang ukurannya kecil yang digunakan untuk menyimpan data digital yang bisa dipasang pada perangkat elektronik digital, seperti handphone, tablet, dan kamera digital.Beda SDCards vs mini SD vs Micro SD

Antara SD Card dan Micro SD terdapat perbedaan pada ukuran dimensi kartu, dimana SD card ukurannya lebih besar dari Micro SD. SD Card dipakai untuk kamera digital dan perangkat lainnya yang memiliki interface adapter kartu memori yang sesuai atau pas dengan SD card.

Sedangkan Micro SD ukurannya lebih kecil dari SD card, perangkat yang biasa menggunakan micro SD adalah handphone smartphne dan tablet.

  1. Mengapa harus menggunakan Memory card atau kartu memory

Kartu memory dipakai untuk tujuan sebagai berikut :

  • Untuk menyimpan data yang sifatnya sebagai data cadangan
  • Untuk memperluas media penyimpanan data yang ada pada sebuah perangkat atau gadget.
  • Untuk membackup sistem yang ada jika terjadi sesuatu dengan memory utama sehingga jika data yang ada pada memory utama tidak bisa digunakan lagi, maka data hasil backup tersebut dapat digunakan.
  • Memberikan kemudahan bagi penggunanya dalam memindahkan data ke perangkat lain.
  • Sebagai alternative drive jika memory utama terlalu kecil atau hampir penuh.
  • Sebagai media untuk menyimpan data hasil dari program yang memiliki kapasitas data yang besar, seperti kamera.
  1. Jenis kartu memory berdasarkan kapasitas daya tampung

Kartu memori atau memory card tersedia dalam berbagai ukuran berdasarkan kemampuannya dalam menyimpan data.

Sebelum menjelaskan jenis atau ukuran kartu memori berdasarkan kapasitasnya maka pastikan anda memahami satuan yang biasa digunakan dalam mengukur besar kecilnya data digital.

Satuan besaran data digital adalah

  • Byte dan bit, 1 byte terdiri atas 8 bit. 1 Byte sama artinya dengan satu karakter huruf pada sebuat teks, kalau pada sebuah dukumen teks terdapat 1024 byte maka ukuran file tersebut adalah 1024 byte atau 1 kilobyte
  • 1 KiloB atau KB sama dengan 1024 byte.
  • Mega Byte atau MB, B besar bukan b kecil, mega byte artinya 1024 Kbyte.
  • Giga Byte atau GB, giga byte setara dengan 1024 mega byte
  • 1 Tera byte atau 1 TB adalah setara dengan 1024 GB.

Untuk kapasitas kartu memory, biasanya dimulai dari ukuran :

  • 2 GB

Kartu memory 2 GB merupakan kartu memory yang paling kecil yang dijual di pasaran. Jika anda menjumpai kartu memory dengan ukuran 500 MB maka jangan beranggapan bahwa 500MB lebih bagus dari 2GB, karena angka 500.

Angka 500 pasti nilainya lebih besar dari angka 2 namun satuan MB di belakang angka 500 menyatakan bahwa kapasitasnya lebih kecil dari 2 GB. SD card 500 MB sama dengan atau setara dengan 0,5 GB atau setengah GB.

Kartu memory 2GB tidak mampu untuk menyimpan data-data yang banyak mengingat data digital saat ini sudah sangat besar kapasitasnya.

Menggunakan kartu memori 2 GB pada smartphone mungkin hanya bisa diisi file-file musik dengan lagu-lagu yang berkualitas standar.

  • 4 GB

Kartu memory 4 GB pun sudah tidak begitu banyak lagi dijual di pasaran. Kapasitas 4 GB dianggap sudah terlalu kecil untuk menyimpan file atau data yang ada saat ini.

Banyangkan satu file video 1 menit dengan kualitas HD saja sudah kurang lebih 100 MB ukurannya. Berapa banyak data, terutama data multi media yang bisa disimpan oleh memory card 4 GB? Pastinya tidak banyak.

Sebagai gambaran satu file file kualitas HD dengan durasi 2 jam saja sudah hampir 2 GB ukurannya, ya mungkin cuma 1 atau dua film saja yang bisa tersimpan di micro SD 4 GB.

  • 8 GB

SD card 8GB merupakan ukuran rata-rata yang digunakan saat ini, SD card dengan kapasitas 8GB sudah banyak didukung oleh banyak perangkat. 8 GB rasanya cukup standar, jika dipasang di gadget seperti tablet, 8 GB mungkin akan cepat penuh.

Apalagi jika anda adalah pengguna gadget yang sangat banyak mengkoleksi berbagai file mulai dari musik, video dan ebook maka ada baiknya untuk mengupgrade dengan ukuran yang lebih besar.

  • 16 GB

Kartu memori 16GB merupakan kartu memori yang paling disarankan kepada para pengguna gadget saat ini. Rata-rata semua perangkat gadget sudah mendukung kapasitas kartu memory sebesar 16 GB.

Penggunaan kartu memory 16 GB cukup menjanjikan untuk pemakaian yang lama, anda tidak perlu kuatir akan kehilangan data.

Dengan menggunkan kartu memory sebesar ini kita bisa melakukan backup sistem gadget dan disimpan di memory card. Membeli kartu memory 16 GB lebih murah dibanding jika membeli 2 buah kartu memori 8GB.

  • 64 GB dan 128 GB

Kartu memory dengan kapasitas 64 GB dan 128 GB sudah dijual di pasaran, namun hati-hati membelinya, pastikan perangkat gadget anda sudah mendukung pemakaian kartu dengan kapasitas sebesar ini.

Di samping itu harganya pun masih mahal bahkan lebih mahal dibanding hardisk external berkapasitas 500GB, hehehe.

Pemakaian kartu memory sebesar ini cukup menjanjikan untuk masa pakai yang lama, namun dengan bergesernya trend dari laptop ke tablet atau gadget maka bisa jadi kartu memori dengan kapasitas 128GB bisa segera penuh dalam jangka waktu yang tidak lama. Semua tergantung pada tingkat pamakaian dari penggunanya.

  1. Jenis kartu memory berdasarkan kecepatan

Kecepatan yang dimaksud adalah kecepatan dalam menulis atau menyimpan data serta membaca dari sebuah kartu memory. Berdasarkan kecepatan, kartu memori dikategorikan dalam beberapa bagian atau kelas.

Ketika memilih kartu memori, sangat penting untuk mencermati spesifikasi dan memperhatikan Kelas dari kartu tersebut.

Cek pada spesifikasi produk kartu memory yang anda minati berapa kelasnya, dari kelas bisa diketahui berapa kecepatan dari kartu memori itu.

  • Kartu memori Kelas( Class) 2, merupakan kelas terendah dengan kecepatan menulis data sebesar 2 MB/detik (dua megabyte per detik).
  • Kartu memori Class 4, SD card dengan kelas ini bisa menulis dengan kecepatan 4 MB/det.
  • Kartu memori Class 6, SD card dengan kelas ini bisa menulis dengan kecepatan 6 MB/det,
  • Kartu memori Class 10, merupakan kartu memory dengan kemampuan tulis tercepat, dapat menulis 10 megabyte per detik.

Pemilihan kartu memory berdasarkan kecepatannya sangatlah penting, terutama bagi anda yang menggunakan atau menjalankan aplikasi yang butuh kecepatan tulis atau baca yang sangat cepat.

Beberapa perangkat gadget jika menggunakan memory card yang tidak sesuai maka kinerja atau hasilnya menjadi tidak bagus.

Misalnya jika Anda memiliki camcorder atau kamera video yang butuh kartu memori Kelas 6 dan saat kita menggunakan kartu SD Kelas 2 atau Kelas 4 maka saat menggunakan perangkat tersebut pasti hasilnya tidak sesuai harapan.

Jadi saat membeli SD card, jangan hanya melihat pada ukuran kapasitas serta harga yang murah tapi pertimbangkan juga kemampuan menulis dari kartu tersebut.

Pertimbangkan juga bahwa keterbatasan memory bawaan gadget yang terbatas membuat anda mesti mengarahkan folder instalasi ke memory card tambahan, untuk itu maka jenis memory card yang terpasang haruslah memiliki kecepatan baca tulis yang tinggi, semakin tinggi semakin bagus.

  1. Harga Memory Card

Harga memori card memang tergantung pada ukuran kapasitas, Kelas kecepatan serta brand atau merk pembuatnya.

Jika anda saat ini membutuhkan memory card maka pertimbangkan untuk membeli kartu memory dengan kapasitas 8 GB, 16 GB dan 32GB. Secara harga, microSD 16GB harganya kurang dari dua buah harga micro SD 8 GB, begitu juga dengan micro SD 32GB.

Saran saya sebaiknya pertimbangkan untuk membeli kartu memory 32 GB Class 10, harganya sekitar 250 sampai 300 ribu rupiah.

  1. Tidak semua kapasitas memory card disupport oleh perangkat gadget yang kita miliki

Ketika mendapatkan promo diskon Memori card dari toko favorit anda maka jangan langsung tergoda dan membelinya. Sebelum memutuskan untuk membeli sebuah memory card maka sebaiknya anda cek perangkat gadget anda, apakah perangkat tersebut support atau cocok dengan ukuran memory card yang ditawarkan.

Misalnya ada smartphone yang hanya support kartu memori sampai 16 GB atau 32GB saja, sedangkan pada momen langkah tersebut anda sedang ditawari kartu memori 64GB yang harganya sama dengan 16 GB.

Jika anda membelinya maka kartu tersebut akan mubazir, tidak terpakai juga dan lebih baik jika anda membeli 16 GB dengan harga yang sama tapi terpakai. Cek Juga kecepatannya dengan melihat Class dari kartu tersebut.

Sumber gambar: http://www.howtogeek.com