Wifi range extender jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti perbesar atau penambah jarak jangkauan dari Wifi.

A schematic representation of a network using a repeater as an access point for device out of range..

Secara lebih mendetail Wifi range extender berarti alat yang dipakai untuk memperbesar atau meningkatkan jangkauan sinyal wifi dari Wifi Access Point kepada wifi klien.

Apa lagi yang mesti kita ketahui tentang Wifi range extender? Baca dan pahami penjelasan berikut ini.

  1. Seperti apa alat Wifi range extender

Wifi range extender merupakan sebuah alat atau hardware khusus yang secara fisik terlihat seperti wifi access point biasa, ada antenna juga dan terdapat colokan Ethernet.

  1. Apa saja fungsi wifi extender

Fungsi utama wifi extender adalah untuk menangkap sinyal wifi dari Wifi access point atau wifi AP router, kemudian menyebarkannya kembali ke area di sekitarnya.

  1. Seperti apa fungsi range extender atau penambah jangkauan.

Seperti ini, misalnya jangkauan sinyal wifi dari Access point router Cuma sampai pada jarak 15 meter saja sedangkan jika lebih dari jarak tersebut sinyal wifi sudah tidak layak lagi untuk digunakan.

Maka agar wifi klien yang berada dalam jarak 20meter dapat menerima sinyal dari AP router, dipasanglah sebuah wifi extender pada jarak 15 meter tersebut.

Fungsi Wifi range extender adalah menangkap sinyal dari wifi AP router lalu menyebarkan kembali ke daerah sekitanya.

Dalam contoh ini misalahnya kemampuan wifi extender untuk menyebarkan kembali wifi adalah sejauh 15 meter maka wifi klien yang berjarak 20 meter dari wifi AP router dapat menangkap sinyal wifi.

Jadi total jangkauan wifi AP router dengan adalah Wifi range extender adalah sejauh 30 meter. 15 meter dari wifi ap router ditambah 15 meter dari Wifi range extender.

  1. Apakah Wifi range extender bisa dijadikan sebagai wifi klien.

Bisa, karena Wifi range extender dilengkapi dengan koneksi kabel data. Jadi Wifi range extender hanya bisa berfungsi sebagai klien melalui koneksi kabel bukan koneksi wireless.

  1. Apakah Wifi range extender bisa berfunsi sebagai Wifi router

Rasanya tidak, untuk lebih yakin mungkin bisa mengecek di spesifikasi produk Wifi range extender yang ditawarkan. Tapi sejauh ini belum ada produk yang menawarkan tiga fungsi yaitu sebagai Wifi access point dan AP router serta sebagai Wifi range extender dalam satu perangkat hardware yang sama.

  1. Apakah Wifi range extender mesti di setting juga

Ya, harus disetting juga tapi tidak serumit wifi Access point router. Misalnya setting IP address dan sebagainya.

  1. Apakah Wifi range extender untuk dipakai sebagai penambah jangkauan saja

Tidak, Wifi range extender bisa dipakai untuk memperkuat sinyal wifi pada tempat-tempat yang sulit dijangkau oleh sinyal Access point, seperti di pojok rumah, di dalam ruangan yang berdinding tebal atau ruangan yang terhalang dinding yang berlapis-lapis.

  1. Di mana posisi yang paling ideal untuk menempatkan wifi Extender

Posisi yang paling ideal untuk meletakan Wifi range extender adalah di antara Wifi Access Point router atau AP dengan wifi klien yang tidak dapat menerima sinyal.