Kejadian atau insiden yang merugikan saat berinternet di hape adalah lebih karena kesalahan dan kelalaian penggunanya.

Kerugian yang paling sering dialami adalah hilangnya pulsa dan kuota paket data yang cepat habis seolah terkena jebakan provider. Yang Mesti Diwaspadai Saat Online Internet Dengan Hape

Pulsa yang raib dan kuota yang cepat  habis merupakan kerugian dan pemborosan uang yang cukup besar dan terus bertambah jika penggunanya tidak sadar akan masalah yang mereka hadapi.

Untuk mengatasi dan menghindari kerugian-kerugian seperti itu, maka anda mesti mewaspadai kebiasaan-kebiasaan dan hal-hal yang berpotensi merugikan seperti berikut ini:

      1.       Jangan sering-sering menggunakan aplikasi seperti WhatsApp untuk menelpon

Menggunakan aplikasi seperti whatsapp untuk menelpon tanpa tujuan yang penting merupakan sebuah pemborosan, menelpon via WA akan menguras kuota data internet kita. 

Semakin lama dan sering menelpon akan membuat kuota internet kita akan habis sebelum masih akhir paket langganan sehingga kita harus mengisi pulsa dan berlanggan paket kembali.

      2.       Jangan sering-sering menggunakan aplikasi video call atau video conference

Aplikasi video call atau video conference akan memakan kuota data yang jauh lebih besar daripada melakukan panggilan telepon via WhatsApp.

Jika anda benar-benar butuh untuk melakukan video call maka gunakan koneksi internet yang tidak memiliki batasan kuota alias unlimit.

Gunakan koneksi wifi untuk terhubung ke internet tanpa batas kuota.

       3.       Cek dan registrasi paket data internet untuk rentang waktu yang lama.

Pastikan anda melakukan registrasi paket data untuk masa langganan yang lama, satu bulan ada waktu yang cukup ideal untuk masa langganan.

Jangan berlangganan paket untuk jangka waktu yang singkat, misalnya 1 hari atau satu minggu. Waktu yang singkat itu akan membuat kita berpeluang kena aturan biaya per kilobyte data.

Aturan per Kb adalah aturan yang sangat merugikan, jika anda tidak menyadari bahwa anda sedang menggunakan jenis langganan seperti ini maka siap-siap saja pulsa anda akan segera tersedot habis.

      4.       Jangan menyimpan pulsa dalam jumlah banyak jika tidak dibutuhkan.

Cadangan pulsa yang banyak akan sangat berisiko jika anda tidak hati-hati dan waspada dengan pemakaian paket internet.

Jika anda lupa melakukan registrasi paket langganan maka akses internet atau akses data akan dikenakan system per kilo byte.

Setiap kali kita melakukan akses internet maka pulsa kita akan dipotong berdasarkan berapa data yang kita download atau kita akses.

Berbeda jika kita berlangganan paket untuk masa tertentu dengan jumlah kuota tertentu, jika sudah habis jatah kuota sebelum masa akhir paket maka biasanya kita pasti tidak bisa terhubung ke internet, dan pulsa kita aman, tidak terpotong.

Kita hanya perlu registrasi  ulang agar bisa terhubung kembali.

      5.       Setting browser anda

Settingan browser juga perlu diatur agar pemakaian data jadi lebih efisien.

Seperti saat membuka halaman browser yang baru kita bisa mengatur agar yang muncul adalah sebuah halaman kosong, bukan sebuah alamat website. Dengan cara ini pemakaian kuota data jadi lebih  hemat.

       6.       Cek pengaturan update aplikasi

Pastikan update aplikasi dilakukan secara manual atau jika perlu dinonaktifkan saja.

Update aplikasi memakan kuota yang sangat banyak sedangkan urgensinya tidak begitu tinggi, selama aplikasi masih bisa dijalankan kita tidak perlu melakukan update.

Yang perlu diupdate adalah system keseluruhan atau operating system dari smartphone kita.

Semoga berguna