Pengguna yang tidak paham secara mendalam soal ilmu jaringan atau network komputer sebenarnya bisa juga melakukan perbaikan atau setidaknya mengenali dan dapat mencari tahu terlebihi dahulu apa penyebab kenapa komputer atau hape tidak bisa koneksi ke Internet.

Mungkin bagi banyak pengguna jaringan komputer yang berpikir bahwa belajar dan memecahkan masalah jaringan itu bukan tugas dan kewajiban mereka.jaringan-internet-bagi-orang-awam2

Image atau pola pikir ini sudah tertanam lama dalam pikiran kita bahwa untuk melakukan perbaikan terhadap masalah jaringan itu sangat sulit dan hanya bisa dilakukan olrh para professional di bidang IT networking.

Meski jika ada masalah kita tinggal panggil atau telepon teknikal support jaringan, namun nyatanya tidak selalu teknikal support itu stand by (pengalaman pribadi sebagai teknikal support) atau bisa jadi problem yang kita hadapi sangat sederhana sehingga kita yang awam pun bisa mengatasi problem tersebut. Dengan mengatasi masalah yang terjadi maka kita dapat menghemat waktu dan biaya.

Berikut adalah hal-hal penting tapi sederhana soal jaringan data yang bisa dan gampang untuk kita dipelajari tanpa harus membuat pusing.

1. Langkah pertama yang mesti dilakukan jika koneksi internet terputus atau tidak bisa tersambung ke internet.

Langkah paling pertama dan paling sederhana adalah mengecek apakah perangkat yang kita gunakan tersambung ke jaringan atau tidak.jaringan-internet-bagi-orang-awam10

Cek poin nomor 2 dan 3 berikut ini:

2. Cara mengetahui komputer atau perangkat mobile kita terhubung ke jaringan atau tidak

Cek pada icon koneksi jaringan, jika komputer tidak konek ke jaringan maka akan terlihat tanda silang atau tanda seru.

Pada hape atau tabljaringan-internet-bagi-orang-awam3et biasanya tidak ada icon atau tanda sinyal wifi atau sinyal GSM 3G, 4Gnya terlihat tanda seperti dilarang masuk. Penyebab utama kondisi ini adalah karena hape kita berada di kawasan tanpa sinyal atau blank spot dan juga mungkin terjadi gangguan pada system penerimaan sinyal di hape kita.

Solusinya adalah coba berpindah posisi atau mematikan dan menyalakan hape atau tablet kita.

3. Cara mengecek kualitas sinyal wifi yang diterima

Jika koneksi internet terasa lambat coba cek sinyal WiFi yang diterima, pastikan sinyal bar atau gambar grafik batang yang tertera di komputer atau hape kita cukup banyak terlihat.jaringan-internet-bagi-orang-awam4

Pada komputer PC dengan system operasi windows, cek pada sisi kanan bawah, pastikan gambar grafik batang yang terlihat ada banyak atau tidak, cek mulai dari yang pendek sampai yang tinggi.
Jika terlihat ada 5 batang maka komputer kita sudah menangkap sinyal secara maksimum.

Pada hape atau tablet, cek pada bagian atas layar hape, lihat gambar garis-garis lengkung, jika terlihat 4 garis lengkung dan satu titik, maka sinyal wifi yang ditangkap hape sudah maksimal.

Jika sinyal wifi yang terlihat pada indicator menyatakan sinyal yang kita terima kurang baik maka segera mencari lokasi atau posisi yang membuat tangkapan sinyal menjadi lebih baik.

4. Apa saja yang membuat sinyal wifi jadi kurang bagus

Ada lima penyebab sinyal wifi jadi kurang bagus, yaitu:

a. Jarak dengan Wifi AP router yang terlalu jauh

b. WiFi adapter perangkat kita kurang tenaga atau power transmit dan receive-nya terlalu kecil

c. Halangan yang ada di antara klien dan AP router, besar kecilnya pengaruh halangan tergantung pada jenis material penghalang.

d. Interferensi dengan wifi lain
Solusi praktis jika mengalami masalah sinyal adalah dengan berpindah tempat mencari posisi yang tangkapan sinyalnya bagus dan kecil interferensinya.

5. Koneksi tanpa kabel itu kuncinya di kualitas sinyal

Kalau kualitas sinyal wifi atau GSM, CDMA dan 4G bagus maka kualitas koneksi internet-nya pasti bagus juga ( terkecuali jika tidak ada pembatasan atau gangguan dari sisi ISP ), jadi kalau kualitasnya sinyalnya kurang bagus jangan harap koneksi internetnya bagus juga.

Semoga berguna