Wifi Router generasi terbaru berkekuatan besar saat ini dipegang oleh WiFi Router jenis Giga bit Router dengan standar IEEE 802.11ac, namun sebelum membeli wifi jenis ac maka ada hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.Yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Membeli Wifi Giga Bit Router AC

Berikut penjelasan tentang apa saja yang mesti diketahui dari WiFi berstandar 802.11ac tersebut.

1.    Frequency operasional wifi

Sebelum membeli pastikan berapa frequency yang dipakai atau berjalan pada Wifi tersebut.

Masalahnya bukan salah beli atau kurang bagus jika menggunakan frequency 5 GHz, atau frequency 2.4 GHz rawan interferensi, masalahnya adalah kita harus memperhatikan dan mencocokan perangkat Wifi klien.

Jika wifi klien kita menggunakan atau beroperasi dengan frequency 2.4 GHz maka wifi router-nya harus juga menggunakan frequency yang sama agar bisa saling terhubung.

Untuk saat ini hampir semua perangkat wifi klien mulai dari wifi adapter sampai smartphone tablet menggunakan frequency 2.4 GHz.

Meskipun penggunaan frequency 5 GHz sudah mulai banyak tapi tidak sebanyak perangkat yang memakai freq 2.4 GHz.

2.    Semakin besar Frequency operasionalnya semakin tinggi kecepatan atau bandwidth nya

Jadi jika ingin memaksimalkan Wifi Router ac maka pilih yang menggunakan frequency 5GHz. Selain kecepatannyanya tinggi frequency 5 GHz masih relatif aman dari gangguan interferensi.

3.    Semakin tinggi Frequency operasional maka jarak jangkauannya menjadi berkurang

Ini sudah jadi takdirnya Wifi karena memang sudah begitu karakter alami dari gelembang bahwa semakin tinggi frequency maka semakin rendah jarak jangkauannya.

Namun untuk meningkatkan daya jangkauan bisa kita lakukan dengan menambah power atau kekuatan pancar dari antenna wifi.

4.    Pilih yang dual Band

Wifi router gigabit ac biasanya cuma tersedia dalam single atau satu frequency saja tapi kalau ada yang tersedia dalam dual frequency maka itu adalah pilihan yang bagus.
5.    Apakah dengan Gigabit Wifi Router koneksi internet jadi lebih cepat?

Jawabannya bisa Iya, bisa tidak. Jika koneksi internet kita dari provider dijamin 10 Mbps, sedangkan ril bandwidth wifi router yang lama adalah 1 Mbps maka jika diganti dengan Gigabit Wifi Router ac yang berkecepatan 10 Mbps maka tentunya Gigabit Wifi Router memberikan efek kenaikan kecepatan internet.

Tapi, jika internet kita yang dijamin oleh provider cuma 512 Kbps dan kapasitas wifi router kita yang lama adalah 1 Mbps maka kecepatan internet tidak akan bertambah jika kita menggunakan Gigabit Wifi Router yang tercanggih dan terkencang sekalipun.
6.    Apakah sudah waktunya untuk mengganti wifi router yang lama dengan Gigabit Wifi Router 802.11ac ?

Secara umum Gigabit Wifi Router 802.11 ac memang lebih powerfull dan lebih tinggi kecepatan atau ril bandwidth-nya dibanding generasi terdahulunya, namun pembelian perangkat ini harus juga disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Selain untuk koneksi internet, Gigabit Wifi Router juga dapat berfungsi sebagai wifi Access point yang berperan sebagai switch pada jaringan kabel.

Dengan kecepatan yang tinggi maka koneksi antar komputer yang ada dalam jaringan Wireless LAN jadi lebih cepat. Aktivitas seperti berbagi file, mengakses server, menonton film yang tersimpan di server, membuka intranet menjadi lebih cepat.

Tidak salahnya mulai beralih ke Gigabit Wifi Router karena saat ini kecepatan adalah kunci kehandalan sebuah jaringan data.