Sebelum saya langganan Indihome Telkom, koneksi internet di rumah selalu berganti-ganti, berbagai macam provider internet sudah pernah saya gunakan. Masalahnya bukan pada koneksi tapi pada kuota internet.

Tidak ada masalah dengan koneksi, semua provider yang pernah saya pakai cukup bagus, tapi kuota yang mereka tawarkan cukup mahal dan cepat habis.

Di rumah, saya punya tiga modem, 2 modem 3G satu modem 4G Bolt, ketiganya tidak pernah memberikan layanan yang memuaskan. Koneksi tidak pernah stabil, kalau koneksi stabil pun kuotanya sangat cepat habis.

Dalam sebulan saya harus membayar kurang lebih 250 ribu untuk internet saja, ini untuk saya dan istri. Selain koneksi internet saya juga berlangganan TV Satelit sebesar 200 ribu sebulan sehingga total pengeluaran saya sebulan untuk internet dan langganan TV adalah kurang lebih 450 sampai 500 ribu rupiah.

Suatu ketika ada petugas rekanan PT Telkom yang mendatangi rumah saya dan menunjukan surat tugas dari Telkom untuk keperluan mengganti jaringan kabel telpon. Kabel tembaga mau diganti dengan kabel fiber optic.

Sepertinya Telkom punya sesuatu yang mau ditawarkan kalau jaringannya sudah pakai kabel FO. Pastinya demikian karena sayang kalau koneksi super cepat FO hanya dipakai untuk saluran telpon saja.

Benar perkiraan saya karena setelah itu ada tawaran untuk berlangganan internet, TV kabel dan sambungan telpon rumah dalam satu paket langganan.

Namanya IndiHome, biayanya bervariasi… Singkat kata saya putuskan untuk berlangganan internet Indihome Telkom dengan pilihan paket 10Mbps, sudah lengkap dengan TV kabel dan telpon rumah, harganya adalah sebesar 380 ribu sebulan( sudah termasuk PPN).

380 ribu itu sudah termasuk biaya internet yang tidak ada batas kuotanya atau unlimited, TV kabel, dan sambungan telpon rumah.

Bagaimana perbedaan sebelum dan sesudah langganan IndiHome?

Setelah langganan Indihome, belum pernah ada masalah putus koneksi atau gangguan lainnya, mudah-mudahan tidak terjadi.

Biaya yang kami keluarkan untuk urusan pulsa tidak lagi sebesar sebelum langganan Indihome, istri cuma mengisi pulsa sebesar 20 ribu sebulan untuk menelpon, sedangkan saya mengisi pulsa sebesar 25 ribu untuk langganan koneksi internet dari XL yang saya pakai kalau saat lagi di jalan saja.

Saat tiba dikantor saya tinggal matikan koneksi seluler dan ganti dengan koneksi wifi kantor. Hemat kan.

Kalau di rumah, urusan internet sangat luar biasa, koneksi internet 10 Mbps itu koneksi yang cepat, bayangkan tiga smartphone buka youtube bersamaan dan tidak ada buffering sama sekali.

Wifi dari Telkom pun sangat bagus performanya, jangkauannya cukup jauh sampai jalan depan rumah. TVnya pun juga bagus.

Telepon rumah jarang kami pakai karena komunikasi via WA dan BBM sudah lebih dari cukup. Jadi hampir tidak ada biaya tambahan dari sambungan telpon rumah.

Secara umum koneksi paket internet Indihome sampai saat ini sangat memuaskan. Tidak pernah lagi yang namanya kehabisan kuota, tidak pernah lagi terdengar yang namanya internet lelet, lambat, bolot, kuota hampir habis, kuota habis.

Nonton video dari youtube tidak harus download dulu, langsung streaming tanpa buffering. Tidak was-was lagi kuota habis. Hemat space hardisk, hemat space memory card, hemat waktu.

Dengan biaya yang fix maka biaya atau anggaran internet dan tv kabel bisa dianggarkan dengan pasti.

Sekian pengalaman saya sebelum dan sesudah berlangganan IndiHome Telkom.