Setelah punya mobil, ternyata godaan untuk membeli perangkat-perangkat aksesoris mobil semakin gencar, salah satunya adalah Camera Dasboard yang dipasang di dashboard mobil untuk merekam kejadian di sisi depan selama kita berkendara.

Saya memang belum membelinya tapi sangat ingin, hahahaah, alasan ingin beli karena lihat ulasan orang di youtube, mantap banget sih kelihatannya.

Alasan saya belum membeli adalah karena masih bingung, masih tidak yakin kalo alat ini benar-benar saya butuh dan perlu.

Seminggu terakhir ini saya cukup sibuk untuk memilih mana kamera yang tepat, pilihan mengerucut pada merk Xiaomi, type Xiaomi Dashcam 70mai. Harganya cukup murah hanya 400-an ribu.

Tetapi setelah melihat reviewnya ternyata Dashcam ini memiliki kelemahan yaitu video nya di malam hari terlalu gelap.

Terus selanjutnya saya beralih ke pembanding Xiaomi Dashcam 70mai yaitu Xiaomi Yi.

Ya, tentunya Xiaomi Yi yang generasi pertama ya, karena secara harga mendekati Xiaomi Dashcam 70mai.

Xiaomi Yi gen 1 ini cukup bagus, rekaman videonya di malam hari tidak segelap Dashcam 70mai, namun harganya 900-an ribu….

Waoowwww, makin tinggi dikit fiturnya makin mahal, dua kali lipat bedanya.  Begitulah, kalau ngikutin pasar memang tidak ada habisnya. Hmmmm gawat.

Setelah merenung kembali, rasanya belum waktunya punya gadget otomobil ini, alasannya?

# Tidak terlalu sering bepergian dengan mobil

# Harganya cukup mahal dibanding manfaat pemakaiannya, siapa juga sih yang berharap mendapat kecelakaan dan terekam daschcam, amit-amit daahhh

# Secara saya bukanlah youtuber, jadi tidak mestilah membuat konten dari setiap aktivitas saya. Kalo pun ingin membuatnya saya masih punya camera handycam.

# Duit 900 ribu mungkin lebih baik dipakai buat beli sepatu running dan Xioami Mi band, rasanya lebih wortit….. hahahaha

Ini cuma pendapat saya saja, karena menurut saya kalo diikutin terus keinginan kita, padahal gak butuh, maka tidak akan pernah ada habisnya.. Misalnya begini, setelah pasang dashcam, kita pasti akan merasa waktu rekamnya kurang lama, tentu karena kapasitas memory Cardnya kurang, rasanya mesti upgrade juga memory cardnya dengan yang kapasitas yang lebih besar dan lebih cepat. Adaaaaaaaa aja….

Intinya jika mengikuti keinginanan maka ada saja yang ingin kita beli, padahal belum benar-benar butuh. Lebih baik kita tentukan apakah barang tersebut butuh atau tidak.

Untuk urusan dashboard cam rasanya seperti itu juga.. sama saja… Jadi sebaiknya tunda dulu saja.